Musim Hujan, Volume Sampah di Kabupaten Bandung Barat Diprediksi Meningkat

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memprediksi volume sampah saat musim hujan nanti akan meningkat.

Musim Hujan, Volume Sampah di Kabupaten Bandung Barat Diprediksi Meningkat
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Tumpukan sampah yang meluber dari drainase di Lembang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memprediksi volume sampah saat musim hujan nanti akan meningkat.

Hal ini tak lepas dari banyaknya sampah yang kerap berserakan di jalan akibat terbawa banjir.

Kepala UPT Kebersihan pada DLH KBB, Rudi Huntadi mengatakan, banyaknya sampah yang berserakan di jalan saat musim hujan itu biasanya ada sampah rumah tangga yang dibuang sembarangan, termasuk ke drainase.

"Jadi adanya sampah yang berserakan di jalan itu biasanya menambah volume sampah. Misalkan volume sampah 150 ton per hari, kalau saat musim hujan bisa meningkat," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (13/10/2019).

Tangani Sampah Pada Drainase Saat Musim Hujan, DLH KBB akan Sebar Petugas Kebersihan

Apalagi kata dia, ketika terjadi intensitas hujan yang tinggi, volume sampah semakin meningkat karena biasanya sampah yang sebelumnya tersangkut menjadi terbawa banjir hingga berserakan di jalan.

Selain itu, kata Rudi, saat musim hujan juga banyak sampah yang tersangkut di bawah pohon yang dekat jalan atau drainase, sehingga hal itu juga menyebabkan volume sampah menjadi meningkat.

"Antisipasinya, kami akan melakukan patroli ke setiap wilayah di KBB untuk memantau sampah yang menyangkut agar tidak terbawa air hujan atau banjir," katanya.

Ia mengatakan, biasanya sampah yang banyak berserakan di jalan saat musim hujan itu merupakan sampah rumah tangga yang didominasi sampah plastik.

"Selain itu, ketika terjadi penumpukan sampah di jalan itu karena ada pendangkalan sungai dan drainase seperti di sekitar jalan Cisarua," ujar Rudi.

Tanda-tanda Musim Hujan Sudah Terlihat, Wali Kota Tasikmalaya Instruksikan BPBD Siap Siaga Bencana

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved