Ada Warga Bakar Sampah, Apinya Membesar dan Merembet, Rumah Jamur Pun Hangus Jadi Abu

Sebuah kubung atau rumah jamur milik Rahya di Jalan Karyabakti, Kampung Pasirkiara, RT 5/16, Kelurahan Cipageran

Ada Warga Bakar Sampah, Apinya Membesar dan Merembet, Rumah Jamur Pun Hangus Jadi Abu
istimewa
Petugas Damkar saat melakukan pemadaman di kubung atau rumah jamur di Jalan Karyabakti, Kampung Pasirkiara, RT 5/16, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Sebuah kubung atau rumah jamur milik Rahya di Jalan Karyabakti, Kampung Pasirkiara, RT 5/16, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi hangus terbakar, Minggu (13/10/2019).

Bangunan yang didominasi bambu dan kayu itu rata dengan tanah, bahkan puing-puing bangunan pun tidak ada yang tersisa akibat kebekaran tersebut.

Komandan Regu I Pemadam Kebakaran Kota Cimahi Indrahadi, mengatakan, kebakaran tersebut diduga akibat kegiatan pembakaran sampah oleh warga setempat yang membuat api merembet ke rumah jamur hingga terbakar.

"Saat kejadian warga melihat api sudah membesar yang diakibatkan oleh pembakaran sampah, lalu melapor ke pemadam kebakaran. Pada saat kejadian, cuaca sedang panas dan ada angin," ujarnya saat dikonfirmasi.

Pekan Tersibuk, Markas Bali United Gelar 3 Laga Termasuk Persib dan Kualifikasi Piala Dunia 2022

Indrahadi mengatakan, pihaknya menerima laporan kejadian tersebut sekitar pukul 13.46, sedangkan kejadian kebakaran pada pukul 13.30. Pihaknya langsung menurunkan 3 unit kendaraan pancar dan 2 unit kendaraan resque dengan melibatkan 15 orang personel.

Setelah melakukan penanganan kebakaran, pihaknya langsung melakukan pendataan. Berdasarkan pendataan itu luas wilayah yang terbakar mencapai 160 meter persegi dengan kerugian mencapai Rp 40 juta.

"Kita lakukan pemadaman dan pendinginan sampai titik api tidak lagi muncul. Bangunan yang terbakar habis seluruhnya karena terdiri dari kayu yang mudah terbakar," kata Indrahadi.

Ada Buku Soal Jihad dan ISIS di Kamar Kontrakan Terduga Teroris di Bekasi, Anggota JAD

Dalam penanganan kebakaran tersebut, pihaknya sempat kesulitan untuk menuju lokasi kejadian akibat arus lalu lintas saat akhir pekan ini memang cukup padat ditambah akses jalannya cukup kecil.

"Ditambah dengan adanya mobil yang parkir di bahu jalan, sehingga kita membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai di lokasi," ucapnya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved