Polres Cirebon Kota Telah Menyiapkan Skema Pengamanan Pilwu Serentak

Jajaran Polres Cirebon Kota turut terlibat dalam pengamanan pemilihan kuwu (Pilwu) serentak di Kabupaten Cirebon.

Tribun Jabar/Ahmad Imam Baehaqi
Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Jajaran Polres Cirebon Kota turut terlibat dalam pengamanan pemilihan kuwu (Pilwu) serentak di Kabupaten Cirebon.

Pasalnya, enam dari 40 kecamatan di Kabupaten Cirebon masuk wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

Sementara 34 kecamatan lainnya merupakan wilayah hukum Polres Cirebon.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy, telah menyiapkan skema pengamanan di 27 desa di enam kecamatan itu yang melaksanakan Pilwu serentak.

"Terutama di desa-desa yang mempunyai catatan kerawanan dalam momentum pilwu," kata Roland Ronaldy saat ditemui di Mapolres Cirebon Kota, Jl Veteran, Kota Cirebon, Sabtu (12/10/2019).

Polres Cirebon Kota Terjunkan 650 Personel untuk Amankan Pilwu Serentak

Polres Cirebon Kota Siap Amankan Pilwu Serentak di Kabupaten Cirebon Akhir Oktober Ini

Ia mengatakan, dari hasil pemetaan yang telah dilakukan jajarannya, sejumlah desa masuk dalam kategori rawan berdasarkan beberapa pertimbangan.

Dari mulai adanya sejarah dan latar belakang setiap pelaksanaan Pilwi di desa tersebut hingga potensi kerawanan karena calon yang head to head.

Pihaknya pun mengidentifikasi seluruh desa yang masuk dua kategori rawan tersebut untuk selanjutnya dilakukan pengamanan lebih ketat.

"Nanti di desa-desa itu kami perbanyak personel yang menjaganya. Total ada 650 personel yang kami terjunkan," ujar Roland Ronaldy.

Selain menyiapkan pola pengamanan, pihaknya juga melakukan sejumlah upaya agar pelaksanaan pilwu berjalan aman dan damai.

Di antaranya, deklarasi damai dengan sejumlah tokoh dan pendekatan kepada calon kuwu supaya bisa menjaga situasi tetap damai.

"Sebab, para calon kuwu pastinya punya massa pendukung, jadi kami harapkan mereka berperan aktif menjaga situasi kamtibmas," kata Roland Ronaldy.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved