Kebakaran Melanda Hutan Situs Gunung Susuru di Ciamis, Sulit Dipadamkan, Lokasi di Lereng Terjal

Kebakaran melanda hutan Situs Gunung Susuru yang berlokasi di tebing Sungai Cileueur, Desa Kertabumi, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Sabtu

Kebakaran Melanda Hutan Situs Gunung Susuru di Ciamis, Sulit Dipadamkan, Lokasi di Lereng Terjal
Istimewa
Bagian hutan Situs Gunung Susuru (situs peninggalan Kerajaan Galuh Kertabumi) di Dusun Susuru Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing Ciamis yang hangus terbakar, Sabtu (12/10/2019) sore 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Kebakaran melanda hutan Situs Gunung Susuru yang berlokasi di tebing Sungai Cileueur, Desa Kertabumi, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Sabtu (12/10/2019) sore.

Warga dan petugas sulit melakukan pemadaman karena hutan yang terbakar sebagian besar berada di sisi tebing yang terjal dan banyak tumpukan daun kering.

Lokasi kejadian cukup jauh dari pemukiman warga.

Situs Gunung Susuru ini merupakan peninggalan Kerajaan Galuh Kertabumi berada di punggung bukit yang diapit tebing lembah Sungai Cileueur dan Sungai Cimuntur.

Di situs ini  setiap menjelang masuknya bulan puasa rutin digelar ritual Merlawu. 

Objek Wisata Kawah Putih Sudah Dibuka Kembali Untuk Wisatawan, Tapi Ada 2 Tempat yang Masih Dilarang

Objek Wisata Kawah Putih Sudah Dibuka Lagi untuk Wisatawan, Kebakaran Hutan Sudah Padam

Sejumlah batu peninggalan sejarah serta gua menjadi bagian dari situs yang di kelilingi hutan dengan berbagai macam jenis tumbuhan tersebut.

Pohon yang paling banyak tumbuh di hutan Situs Gunung Susuru tersebut adalah kayu jati dan hutan belukar.     

“Kebakaran pertama diketahui warga, pak Adeng (40). Beliau sedang di kolam melihat kobaran api dari arah Situs Gunung Susuru,” ujar Yeyep, tokoh pemuda setempat yang juga aktivisi kabuyutan Gunung Susuru Kertabumi kepada Tribun Sabtu (12/10).

Warga, petugas damkar, anggota TNI/Polri yang ikut memadamkan api tak bisa berbuat banyak karena kobaran api sebagian besar terjadi di lereng bawah bukit yang terjal di sisi Sungai Cileueur.

Bagian hutan situs yang terbakar kata Yeyep mulai dari arah pintu gerbang situs sampai ke Guna Kemuning.

“Lebih dari sekitar setengah km bagian tebing yang terbakar. Api yang berhasil dipadamkan adalah di bagian yang datar di pungung bukit. Menjelang magrib kobaran api di lereng tebing masih ada,”  katanya.

Kepala Bagian Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Ciamis, Ani Supiani menyebutkan Sabtu (12/10) sore di Ciamis ada tiga lokasi yang terjadi kebakaran hutan ladang dan kebun ( Karhutla).

Yakni di Situs Gunung Susuru, hutan kebun di Legok Nyenang Desa Raksabaya Cimaragas dan kebun bambu milik warga di Dusun Cigarunggang Rt 30 RW 14 Desa Sumberjaya Kecamatan Cihaurbeuti. (andri  m dani)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved