Pencurian Mobil yang Terencana, Sewa Mobil lalu Duplikat Kuncinya, Esoknya Mobil Digondol

Sopr taksi online berinisial YD (38) ditangkap bersama rekannya AH (26) seusai mencuri sebuah mobil di Kecamatan Kadungora

Pencurian Mobil yang Terencana, Sewa Mobil lalu Duplikat Kuncinya, Esoknya Mobil Digondol
Tribunjabar/Firman Wijaksana
Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansah menunjukan mobil rental yang dicuri pengemudi sopir online di Mapolres Garut, Jumat (11/10). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Sopr taksi online berinisial YD (38) ditangkap bersama rekannya AH (26) seusai mencuri sebuah mobil di Kecamatan Kadungora. Modus yang digunakan dengan menduplikasi kunci mobil.

Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansah, mengatakan, kedua tersangka sebelumnya sempat menyewa mobil Daihatsu Xenia milik Zainudin, warga Kadungora. Seusai menyewa, mobil dikembalikan lagi ke pemiliknya.

"Tapi saat menyewa mobil itu, mereka sengaja menduplikat kuncinya. Sudah direncanakan untuk mencuri mobil," ujar Dede, Jumat (11/10/2019).

Sehari seusai mengembalikan mobil, para pelaku langsung menjalankan aksinya. Mereka mendatangi rumah Zainudin menggunakan sepeda motor.

Bacaan Doa Meminta Hujan, Lengkap dengan Tata Cara Shalat Istisqo Beserta Doa saat Hujan Turun

"Mobil diparkir di halaman rumah pemiliknya. Mereka lalu masuk karena gerbangnya tidak dikunci," katanya.

Mobil yang berada di garasi, lanjutnya, berada dalam posisi terkunci. Namun karena sudah menduplikasi kunci, para pelaku dengan mudah membawa mobil rental itu.

"Korban lalu melapor ke Polsek Kadungora. Tim kami langsung menyelidiki dan mendapatkan ada tiga pelaku pencurian," ujarnya.

Dede menambahkan, pihaknya berhasil menangkap dua dari tiga pelaku. Satu pelaku lainnya berinisial RZ masih buron.

Ungkap Pengalaman Main Film Perempuan Tanah Jahanam Karya Joko Anwar, Tara Basro Trending di Twitter

"Tugas mereka beda-beda dari tiga orang ini. Ada yang jadi otak pencuriannya, joki, dan memfasilitasi aksi tersebut," katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dari dua tersangka yang berhasil ditangkap, Dede menyebut aksi pencurian tersebut dilakukan dengan terencana. Pasalnya para pelaku sudah menggandakan kunci mobil.

Akibat perbuatannya, para tersangka diancam pasal 363 ayat 1 ke 4 dan 5. Dengan ancaman hukuman selama 7 tahun penjara.

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved