Dijerat TPPU, Mantan Bupati Cirebon Yakin Asal Usul Harta Kekayaannya dari Sumber yang Sah

Bekas Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra, terpidana kasus suap jual beli jabatan di Pemkab Cirebon,

Dijerat TPPU, Mantan Bupati Cirebon Yakin Asal Usul Harta Kekayaannya dari Sumber yang Sah
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Bupati Cirebon nonaktif, Sunjaya Purwadisastra menangis saat mendengar amar putusan di PN Tipikor Bandung, Rabu (22/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bekas Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra, terpidana kasus suap jual beli jabatan di Pemkab Cirebon, kembali dijerat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sunjaya yang kini mendekam di Rutan Kebonwaru, ditetapkan tersangka kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU).

‎Kuasa hukum Sunjaya, Iman Nurhaeman SH mengatakan dalam perkara TPPU, KPK harus membuktikan asal usul harta kekayaan yang diperoleh Sunjaya.

"Termasuk dari kami tim kuasa hukum. Akan membuktikan asal usul harta kekayaan Pak Sunjaya yang disangka TPPU. Pak Sunjaya sempat kaget, ternyata diproses lagi," kata Sunjaya.

Dalam kasus jual beli jabatan, Sunjaya divonis bersalah menerima uang hasil jual beli jabatan dan dipidana penjara selama 5 tahun. ‎Selain TPPU, Sunjaya dijerat pula dengan kasus dugaan gratifikasi.

Geledah Rumah Pelaku Penusukan Wiranto di Brebes, Polisi Sita Busur, Anak Panah, dan Satu Dus Buku

KPK menyebut, Sunjaya juga diduga menerima uang dari Hyundai Engineering and Construction terkait PLTU 2.

‎Lalu gratifikasi pengadaan barang dan jasa dari pengusaha hingga mutasi jabatan. Dalam kasus TPPU, Sunjaya menggunakan uang hasil gratifikasi untuk membeli kendaraan bermotor berbagai merk.

"Jika mengacu pada LHKPN 2013 saat Pak Sunjaya mencalonkan diri di Pilkada Cirebon, harta kekayaannya mencapai Rp 17,4 miliar. Dan sebelumnya Pak Sunjaya juga memiliki usaha bersama ibunya, serta ada beberapa perusahaan. Mobil BMW yang disita juga itu pemberian dari ibunya. Pak Sunjaya juga menjual tanahnya yang di Bogor," kata Iman.

Sebelum Tikam Wiranto, Pelaku Pura-pura Hendak Salaman, Polri Bantah Kecolongan

‎Menurut Iman, substansi perkara dalam TPPU menitikberatkan pada asal usul harta kekayaan. Pada banyak kasus, setiap terdakwa yang dijerat TPPU namun bisa membuktikan asal usul harta kekayaan, akan divonis bebas.

"Karena itu pada intinya, nanti kami akan buktikan bahwa harta yang diperoleh Pak Sunjaya itu dari asal usul yang jelas," ujar dia.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved