Puntung Rokok Wisatawan Diduga Kuat Jadi Penyebab Kebakaran Lahan di Obyek Wisata Kawah Putih

Kapolsek menuturkan kronologis kebakaran sendiri api pertama kali muncul di titik View Deck Sunan Ibu.

Puntung Rokok Wisatawan Diduga Kuat Jadi Penyebab Kebakaran Lahan di Obyek Wisata Kawah Putih
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Kebakaran yang terjadi di kawasan wisata Kawah Putih. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, RANCABALI - Pihak kepolisian menduga kebakaran lahan di Objek Wisata Kawah Putih, Rancabali, Kabupaten Bandung disebabkan oleh puntung rokok.

"Diduga dari puntung rokok dari wisatwan, karena ada beberapa saksi yang melihat ada aktivitas wisatawan yang ke sana (Sunan Ibu) maupun yang berziarah," kata Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq di lokasi, Selasa (8/10/2019).

"Kami akan laksanakan penyelidikan, siapa saja yang berada di lokasi saat kejadian, maupun saksi-saksi yang melihat," tambahnya.

Kapolsek menuturkan kronologis kebakaran sendiri api pertama kali muncul di titik View Deck Sunan Ibu.

Api diduga berasal dari puntung rokok, karena ada pengunjung di lokasi tersebut baik yang berwisata maupun yang berziarah ke lokasi tersebut yang berjarak 700 meter hingga satu kilometer.

"Sementara tidak ada korban jiwa maupun korban luka. Untuk evakuasi karena bukan lokasi di Kawah Putih maka kemarin kami himbau ke wisatawan untuk segera meninggalkan lokasi ini untuk keselamatan semua," tuturnya.

Kapolsek menambahkan kebakaran terparah mulai terjadi pukul 16.00 WIB, ke arah Cantigi hingga menghabiskan View Deck Cantigi.

Namun tim gabungan berhasil menghentikan atau penyekatan agar tidak melebar ke Jembatan Cantigi dan lokasi Sunan Rama dan Cipanganten.

"Hari ini tim kami berangkatkan lagi untuk pemadaman. Masih manual membuat sekat bakar (ilaran) supaya api tidak meluas," pungkasnya. (mud)

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved