Anggota Dewan Terpilih dari 9 Kabupaten di Jawa Barat Ikuti Orientasi di Cimahi Selama Empat Hari

Sebanyak 222 anggota dewan dari 9 Kabupaten di Jawa Barat mengikuti kegiatan orientasi yang digelar Badan

Anggota Dewan Terpilih dari 9 Kabupaten di Jawa Barat Ikuti Orientasi di Cimahi Selama Empat Hari
tribunjabar/syarif pulloh anwari
Anggota Dewan Terpilih dari 9 Kabupaten di Jawa Barat Ikuti Orientasi di Cimahi Selama Empat Hari 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Sebanyak 222 anggota dewan dari 9 Kabupaten di Jawa Barat mengikuti kegiatan orientasi yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat di Kantor BPSDM Jabar, Kolonel Masturi, Kota Cimahi, Selasa (8/10/2019).

Ratusan anggota DPRD dari 9 kabupaten di Jawa Barat periode 2019-2024 yang hadir di antaranya Kabupaten Bandung Barat diikuti 26 orang, Kabupaten Cirebon diikuti 24 orang, Kabupaten Purwakarta diikuti 21 orang, Kabupaten Cianjur diikuti 27 orang, Kabupaten Bandung diikuti 23 orang, Kabupaten Sumedang diikuti 26 orang, Kabupaten Ciamis diikuti 26 orang, Kabupaten Garut diikuti 29 orang dan Kabupaten Bogor diikuti 20 orang, selain itu hadir juga dari kepala daerah masing-masing serta Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Kepala BPSDM Jawa Barat, Muhammad Solihin mengatakan kegiatan yang dilakukan selama empat hari terhitung dari Senin (7/10/2019) hingga Kamis (10/10/2019), tujuannya kegiatan orientasi bagi anggota DPRD, baik yang baru ataupun yang sudah beberapa kali menjabat sebagai anggota dewan agar bisa terjadi kesinambungan antar anggota dan pemerintah Provinsi Jawa Barat.

BNPB Besok Terjunkan Helikopter Padamkan Api di Puncak Mega Gunung Malabar

"Kepada para anggota dewan, ada yang baru menjadi anggota dewan dan anggota dewan yang sudah beberapa kali terpilih, semoga langkah ini langkah awal untuk menyambungkan mindset (polapikir) anggota DPRD kab/kota dengan provinsi Jawa Barat perihal sasaran pembangunan kota/kabupaten bisa dicapai dengan sejalan," ujar Solihin.

Solihin menjelaskan nantinya anggota dewan ini akan dibekali dengan informasi yang baru, terutama yang berkaitan dengan aturan terkait masalah teknis, manajerial dan pemerintahan.

Solihin menambahkan nantinya kegiatan ini bermanfaat bagi para anggota perihal menyusun perencanaan, mengevaluasi pelaksanaan, melakukan pengawasan dan diskusi antar anggota dewan di masing-masing kab/kota.

Solihin berharap bagi anggota dewan terpilih ini bisa meningkatkan semangat pengabdian kepada bangsa Republik Indonesia, meningkatkan pemahaman ideologi negara, konstitusi serta semangat patriotisme dan wawasan kebangsaan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan para anggota dewan dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Barat yang terpilih agar ada kesamaan atau kesinambungan dalam membangun Jawa Barat ke depannya.

3 Pemain Muda Persib Bandung Masuk Skuat Garuda Select, Ditempa di Inggris dan Italia

Uu mengatakan Provinisi Jawa Barat yang memiliki visi misi Jabar juara, lahir batin, inovatif dan kolaboratif ini agar ada kesinambungan dengan anggota dewan

"Kebijakan dan keputusan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ada kesinambungan maka akselerasi Jabar juara selama lima tahun akan tercapai, misalnya kabupaten/kota memiliki kekuatan anggaran 50 persen dan Provinsi punya 50 persen disatukan maka program-program akan terpacai, masyarakat bisa menikmati program yang dijalankan" ujar Uu.

Ia berharap kepada anggota dewan di Kabupaten/kota di Jawa Barat pemangku kebijakan dan mempunyai kewenangan dalam bidang legislatif untuk bersatu perihal pemikiran dan bersatu gerak langkah dalam membangun Jawa Barat, agar masyarakat bisa maju sejahtera lahir batin.

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved