Lahan Seluas 26 Hektar di Petak 31A Puncak Mega Kabupaten Bandung Terbakar Sejak Minggu Malam

Kurang lebih 26 hektar lahan di Petak 31A Puncak Mega Kabupaten Bandung sudah terbakar.Sekitar 200 personil gabungan dari Perhutani TNI, Polri, BPBD,

Lahan Seluas 26 Hektar di Petak 31A Puncak Mega Kabupaten Bandung Terbakar Sejak Minggu Malam
Shutterstock via KOMPAS.com
Ilustrasi kebakaran 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAUNG - Kurang lebih 26 hektar lahan di Petak 31A Puncak Mega Kabupaten Bandung sudah terbakar.

Sekitar 200 personil gabungan dari Perhutani TNI, Polri, BPBD, Masyarakat LMDH, dan komunitas berusaha memadamkan api.

"Kemarin sempat padam di petak 5B tapi menjelang maghrib ada lagi titik api, loncat ke lokasi yang sekarang di petak 31A. Ini teman-teman sedang berupaya dari tadi malam kemudian turun, tadi pagi kita kerahkan lagi," kata Adm KPH Bandung Selatan Tedy Sumarto di Gunung Puntang, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (7/10/2019).

Sosok Wasit Faulur Rosy, Namanya Mendunia, Jadi Sorotan Bobotoh karena Caranya Memimpin Laga Persib

Tedy menuturkan total relawan dan tim gabungan ada 200 orang, terdiri dari elemen Perhutani, TNI, Polri, BPBD Kabupaten Bandung, masyarakat LMDH Bukit Kemanah dan Mekarjaya, serta Tripadri, dan PGPI yang membantu proses pemadaman di lokasi Petak 31A.

"Ini masih satu punggungan (Puncak Mega), mungkin karena angin besar sehingga api loncat dari punggungan loncat ke lembah. Dari Gunung Puntang masih jauh ini masih di Puncak Mega, kalau Gunung Puntang ini di Petak 30," katanya.

Tony menuturkan, tim gabungan masih berupaya memadamkan secara manual dengan membuat ilaran agar kebakaran tidak meluas dan merembet ke Gunung Puntang di Petak 30.

Kebakaran di Gunung Malabar Merembet ke Gunung Puntang, Pemadaman Sulit karena Posisi Api di Tebing

"Update dari rekan-rekan di lapangan kurang lebih ada 26 Hektar di Petak 31A saja. Karena lokasinya tebing, jurang dan pertemuan lembah sehingga terjal dan agak susah. Akses ke titik api itu sekitar 4 jam setengah perjalanan jalan kaki itupun dengan orang yang profesional," katanya.

Selain curamnya akses menuju titik api, Tedy menuturkan, angin kencang menjadi kendala bagi tim gabungan dalam pemadaman lahan gambut ini.

Sempat Berseteru dengan Atta Halilintar, Bebby Fey Kini Kebakaran Jenggot, Video Hot-nya Terbongkar

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved