2 Minggu Jadi Pengungsi di Papua, Sarif dan 17 Warga asal Garut Ingin Segera Pulang

Kerusuhan di Wamena membuat Sarif dan 17 warga asal Garut mengungsi ke Makodim Wamena.

2 Minggu Jadi Pengungsi di Papua, Sarif dan 17 Warga asal Garut Ingin Segera Pulang
Kolase Tribun Jabar (HO Tribunnews dan ISTIMEWA)
Detik-detik kerusuhan di Wamena Papua 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT- Hampir dua minggu, Sarif (30), menjadi pengungsi di Papua. Ia bersama 17 rekannya yang berasal dari Garut kini mengungsi di Dinas Sosial Jayapura.

Sebelumnya, Sarif yang berasal dari Kecamatan Bayongbong sempat terjegal selama satu minggu di Wamena. Kerusuhan di Wamena membuat Sarif dan rekan-rekannya mengungsi ke Makodim Wamena.

Ia akhirnya bisa mendapatkan pesawat menuju Jayapura setelah dua hari bertahan di bandara. Ribuan orang berdesakan demi bisa masuk ke pesawat. Sarif menyebut, kondisi di Wamena sudah tak kondusif.

"Sebelum kerusuhan pecah, saya mau kerja. Sudah siap-siap sama teman mau keliling. Di sini saya kerja pasang wallpaper sama ngecat rumah. Pokoknya ke interior rumah-lah," ujar Sarif saat dihubungi, Senin (7/10/2019).

Kini, Sarif dan 17 orang lainnya yang berasal dari Garut juga warga lain asal Jabar menunggu kepastian untuk bisa pulang.

Jumlah Pengungsi Warga Garut di Wamena Masih Dilakukan Pendataan, Belasan Orang Tertahan di Jayapura

Warga Asal Jabar di Wamena akan Dipulangkan dalam Dua Gelombang, Ada yang Kena Bacok di Kepala

Ia mengaku sudah tak ingin tinggal di Papua dengan kondisi saat ini.

"Sudah benar-benar kacau di sini kondisinya. Warga pendatang banyak yang jadi korban. Teman saya asal Sukabumi kena bacok warga sini (Wamena). Beruntung masih selamat," katanya.

Rencananya, Sarif akan kembali ke Pulau Jawa pada Selasa (8/10/2019) tapi belum ada kepastian karena tiket pesawat belum didapat.

"Ada dari orang paguyuban Sunda sama Pemprov Jabar yang bantu. Buat makan, alhamdulillah ada. Tinggal nunggu tiket pulang saja," ucapnya.

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved