VIDEO Tumpukan Sampah di TPS Liar Jalan Pangeran Kejaksan Jarang Diangkut Petugas

Tumpukan sampah di TPS liar Jalan Pangeran Kejasan jarang diangkut petugas. Warga pilih membakarnya.

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - ‎Keberadaan tempat penampungan sampah (TPS) liar di Jalan Pangeran Kejaksan, Kelurahan Babakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, dikeluhkan oleh pengendara yang melintasi jalan tersebut.

TPS liar tersebut, terhampar sepanjang 50 meter di sisi Jalan Pangeran Kejaksan atau berjarak 500 meter dari obyek wisata Pla‎ngon.

‎Rahmat (43), warga Kelurahan Babakan, Kecamatan Sumber, mengatakan, lokasi tersebut dimanfaatkan sebagai TPS liar dan digunakan oleh warga pada waktu malam hari.

Hal tersebut lantaran, di wilayah kelurahan tersebut tidak ada tempat penampungan sementara dari pemerintah setempat.

"Kalau ada tempat, mungkin tidak akan membuang ke situ juga," kata Rahmat di Jalan Pangeran Kejaksan, Kabupaten Cirebon, Minggu (6/10/2019).

Di lokasi tersebut, kata Rahmat, jarang diangkut oleh petugas terkait, sehingga kerap menumpuk dan oleh warga sekitar sering dibakar untuk menghilangkan bau busuk.

"Dibiarkan begitu saja," katanya.

‎Bau busuk dari tumpukan tersebut, tercium hingga radius 30 meter dan dihinggapi banyak lalat. Akibatnya, pengendara roda yang melintas terpaksa menutup hidung untuk menghindari bau tidak sedap.

Pantauan Tribun Jabar, Minggu (6/10/2019), sampah yang dibuang ke lokasi TPS liar itu, sebagian besar merupakan sampah domestik rumah tangga, berupa sampah plastik, kertas, sayuran, popok bayi, dan potongan kain.

Bahkan, beberapa sampah pasar mulai dari buah busuk, kulit kelapa, bangkai hewan ternak, hingga kotoran hewan pun diduga sengaja dibuang di lokasi tersebut.

‎Warno (56), pengendara asal Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, mengatakan, setiap hari melintasi ruas jalan tersebut dan kerap mengeluhkan karena menganggu pemandangan serta bau busuk menusuk hidung.

"Lebih bau waktu sampah itu dibakar, kadang-kadang jalan suka ketutup. Bahayanya itu dekat jalan tikungan," kata Warno di Jalan Pangeran Kejaksan, Kabupaten Cirebon, Minggu (6/10/2019).

Setiap musim hujan, diakui oleh para pengendara, sampah tersebut pun kerap tercecer hingga ke ruas jalan dan membahayakan laju kendaraan terutama dari Kuningan menuju Cirebon.

Warga Keluhkan TPS Liar di Jalan Pangeran Kejaksan Cirebon, Berceceran dan Berbau Tak Sedap

ABK Asal Cirebon Tewas karena Jembatan Runtuh di Taiwan, Keluarga Minta Asuransi dari Perusahaan

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Tumpukan Sampah di TPS Liar Jalan Pangeran Kejaksan Jarang Diangkut Petugas, Oleh Warga Dibakar, https://jabar.tribunnews.com/2019/10/06/tumpukan-sampah-di-tps-liar-jalan-pangeran-kejaksan-jarang-diangkut-petugas-oleh-warga-dibakar.
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: taufik ismail
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved