Rumah Singgah Rengganis Bikin Kamarang, Tiap Hari Ada 100 Paket Nasi Gratis, Dibagi Pas Makan Siang

Rumah Singgah Rengganis (RSR) yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kini tidak hanya

Rumah Singgah Rengganis Bikin Kamarang, Tiap Hari Ada 100 Paket Nasi Gratis, Dibagi Pas Makan Siang
tribunjabar/cipta permana
Ketua Jabar Bergerak, Atalia Praratya Kamil meresmikan Kamarang, di halaman RSR, di Jalan Wastukencana Nomor 73, Kota Bandung, Minggu (6/10/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Rumah Singgah Rengganis (RSR) yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kini tidak hanya memberikan layanan fasilitas rumah sementara bagi pasien dan keluarganya yang sedang menjalani pengobatan di RSHS Bandung, namun juga memberikan paket nasi makan siang gratis, bagi penghuni maupun masyarakat umum di Kantin Mesra Rengganis (Kamarang).

Ketua Jabar Bergerak, Atalia Praratya Kamil, mengatakan, pemberian makan siang gratis ini merupakan bagian dari program RSR yang berkolaborasi dengan sejumlah sponsor atau donatur untuk memberikan bantuan di bidang sosial bagi masyarakat umum, khususnya warga yang kurang mampu, kekurangan makanan, dan sedang berada di sekitar Jalan Wastukancana, Kota Bandung.

Terdapat 100 paket nasi gratis setiap harinya yang telah disiapkan dan dibagikan mulai pukul 12.00 WIB.

ICW Nilai Penanganan Kasus Korupsi Dana Pokir Dewan di Garut oleh Jaksa Lamban

"Pemberian paket nasi gratis di RSR berjalan berkat kerja sama dengan sejumlah sponsor dan donatur. Sebab kami tidak bisa berjalan sendiri, bila tidak berkolaborasi. Untuk tahap awal 100 paket nasi gratis ini merupakan sumbangan dari Zoya, dan akan terus bertambah seiring meningkatnya jumlah donatur," ujarnya saat ditemui usai meresmikan Kamarang, di Jalan Wastukencana Nomor 73, Kota Bandung, Minggu (6/10/2019).

Menurutnya, program penyediaan dan pembagian paket nasi gratis ini, sebenarnya telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu, dan dibagikan hanya setiap hari Jumat. Namun seiring meningkatnya jumlah donatur, akhirnya kegiatan ini dilakukan setiap hari.

Salah satu donatur Pendiri Brand Zoya, Feni Mustafa, menuturkan, pemberian makanan gratis ini merupakan cita-citanya sejak lama. Ia pun berharap melalui kegiatan ini akan banyak donatur yang turut menyumbangkan sebagian hartanya agar semakin penerima maanfaat yang terbantu.

"Semoga akan semakin banyak yang tergerak hatinya untuk mendonasikan hartanya," ucapnya.

Saling Salip hingga Tikungan Terakhir, Marc Marquez Akhirnya Jadi Juara Dunia MotoGP 2019

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Rumah Singgah Rengganis, Ingeu Suprayogi menambahkan, selain penyediaan dan pembagian paket nasi gratis, RSR juga memilki asrama dengan daya tampung 30 tempat tidur, yang diperuntukkan keluarga dan pasien yang sedang menjalani pengobatan di rumah sakit di Bandung seperti Rumah Sakit Hasan Sadikin. Sejak pertama dibuka pada 21 Agustus lalu, keluarga dan pasien yang tengah berobat terus berdatangan ke RSR.

"Tamu yang singgah didominasi oleh keluarga dan pasien yang tengah berobat di Rumah Sakit Hasan Sadikin. Rata-ratanya antara 5-12 orang setiap pekannya dan hingga sekarang sudah 73 penerima manfaat. Pasien bisa tinggal selama tiga hari atau lebih dengan syarat adanya rekomendasi dari dokter RSHS ," ujarnya.

Tidak hanya sebagai tempat singgah, pihaknya memiliki ahli psikologi yang bertugas untuk memberikan dukungan psikologis bagi penghuni rumah singgah dan keluarganya yang merasakan kecemasan, tidak berdaya, atau putus asa akibat penyakit yang dideritanya. Sehingga dapat membangkitkan optimisme, semangat, dan rasa ikhlas.

Penulis: Cipta Permana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved