Perkuat Kesiapan Hadapi Era Digital, Perawat Kota Bandung Dibekali Bimtek Sistem Daring Keperawatan

DPD PPNI Kota Bandung gelar Bimbingan Teknis Update Online System Bagi Keprofesian Perawat 2019, di Laboratorium Komputer Fakultas Keperawatan Unpad

Perkuat Kesiapan Hadapi Era Digital, Perawat Kota Bandung Dibekali Bimtek Sistem Daring Keperawatan
Tribun Jabar/Kemal Setia Permana

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dewan Pengurus Daerah ( DPD) PPNI Kota Bandung menggelar Bimbingan Teknis Update Online System Bagi Keprofesian Perawat 2019, di Laboratorium Komputer Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran Jatinangor, Minggu (6/10/2019).

Dalam bimtek bertema "Perawat Kota Bandung Siap Menghadapi Era Digital", PPNI Kota Bandung menyoroti hadirnya era revolusi Industri 4.0 yang saat ini sedang berlangsung dan memberi dampak positif bagi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi perawat.

Sistem informasi PKB daring hadir di tengah pesatnya perkembangan teknologi, sebagai salah satu media dari PPNI untuk mempermudah perawat seluruh indonesia dalam meng-entri atau mendokumentasikan perolehan Satuan Kredit Profesi (SKP) sebagai persyaratan perpanjang Surat Tanda Registerasi ( STR ).

Bimtek yang digelar PPNI Kota Bandung ini sangat penting. Menurut Ketua Panitia Masdum Ibrahim, Sistem Informasi PKB online merupakan sistem perangkat lunak yang memproses dan mengintegrasikan seluruh pencatatan, pengelolaan keanggotaan dan kegiatan pendidikan keperawatan berkelanjutan dalam bentuk elektronik secara Daring, sehingga diharapkan dapat meningkatkan efektifitas monitoring maupun evaluasi kegiatan PKB/CPD (pengumpulan SKP) oleh semua pemangku kepentingan.

"Adapun hal yang melatarbelakangi diluncurkannya SI PKB online antara lain adalah adanya tuntutan era globalisasi yaitu untuk meningkatkan profesionalisme dan transparasi, serta meningkatkan kualitas pelayanan, koordinasi, efesiensi, responsibilitas, pengawasan serta penyediaan informasi secara cepat, tepat dan akurat," kata Masdum di sela acara.

STIKep PPNI Jawa Barat Gelar Wisuda dan Angkat Sumpah 318 Perawat Ahli Madya Keperawatan dan Ners

STIKep PPNI Jabar dan NCKU Hospital Gelar International Conference On Healthcare Technology 2019

Sedangkan manfaat sistem informasi PKB daring PPNI diantaranya adalah mempermudah integrasi SI PKB daring (SKP) yang berada di ranah PPNI dengan sistem informasi registrasi (re-registrasi) yang berada dalam ranah MTKI agar dapat tercapai percepatan proses permohonan rekomendasi reregistrasi oleh PPNI dan penerbitan STR oleh MTKI/Konsil.

"Juga meningkatkan efektifitas monitoring maupun evaluasi kegiatan PKB oleh semua pemangku kepentingan sesuai tupoksi masing-masing," katanya.

Dengan telah diluncurkannya Sistem Informasi PKB daring, kata Masdum yang didampingi Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Urip Rahayu, perawat dapat dengan mudah meng-entri-kan langsung SKP yang diperoleh selama periode 5 tahun setelah diterbitkannya STR yang kemudian pada saat STR akan diperpanjang dapat dengan mudah pula memprosesnya.

"Karena setiap SKP yang kita peroleh telah kita input melalui PKB online ini," ujarnya.

Masdum Ibrahim mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 109 peserta yang berasal dari para pengurus Dewan Pengurus Komisariat ( DPK) PPNI di lingkungan DPD PPNI Kota Bandung.

Halaman
12
Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved