2.053 Ruang Kelas di KBB Rusak, 977 di Antaranya Rusak Berat, Terancam Ambruk

Sedikitnya 2.053 ruang kelas SD dan SMP di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami kerusakan

2.053 Ruang Kelas di KBB Rusak, 977 di Antaranya Rusak Berat, Terancam Ambruk
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi ruangan kelas 5 SDN Gudangkahuripan Lembang yang atapnya ambrol. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Sedikitnya 2.053 ruang kelas SD dan SMP di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami kerusakan, satu di antaranya ruangan kelas 5 SDN Gudangkahuripan III, yang berada Desa Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan KBB, dari jumlah 2.053 ruang kelas itu rinciannya, ruangan kelas yang mengalami rusak berat sebanyak 977 ruang kelas, terdiri dari 811 ruang kelas SD dan 166 ruang kelas SMP. Sementara ruang kelas yang mengalami rusak sedang sebanyak 679 ruang kelas SD dan 397 SMP.

Kepala Dinas Pendidikan KBB, Imam Santoso, mengatakan, untuk melakukan perbaikan sebanyak 2.053 ruang kelas yang mengalami kerusakan tersebut membutuhkan anggaran yang cukup besar.

"Data sekolah yang rusak itu berdasarkan data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, memang jumlahnya cukup banyak," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (6/10/2019).

Setelah Ghozali Siregar Kini Omid Nazari yang Terkena Cedera Mata, Begini Bedanya Kata Dokter Tim

Untuk melakukan perbaikan semua ruang kelas tersebut, kata Imam, harus dilakukan secara bertahap dan akan diprioritaskan untuk ruangan kelas yang mengalami kerusakan berat, lalu dilanjutkan ke ruangan yang mengalami kerusakan sedang.

"Tapi perbaiknannya secara bertahap, karena butuh anggaran yang besar kalau perbaikannya dilakukan sekaligus, sehingga ada skala prioritas dalam pembangunnnya," katanya.

Menurutnya, untuk melakukan perbaikan satu kelas yang mengalami kerusakan berat, membutuhkan anggaran sekitar Rp 80 juta, sehingga untuk biaya perbaikan tersebut pihaknya membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat.

Iwan Fals Minta ke Puan Maharani, Jika Ada Anggota Dewan Tidur Saat Sidang, Lempari Pakai Palu

Kendati demikian, lanjut Imam, pihaknya akan terus berupaya untuk melakukan perbaikan semua ruang kelas yang mengalami kerusakan tersebut dan sejauh ini sebagian ruang kelas sudah dilakukan perbaikan.

"Sejauh ini sudah ada sebagian ruang kelas yang sudah dilakukan perbaikan, tapi kalau untuk target semua bisa diperbaiki kami belum bisa memastikan," ucapnya.

Ia mengatakan, ruangan kelas yang sudah diperbaiki itu rata-rata yang mengalami kerusakan berat karena jika dibiarkan tidak menutup kemungkinan akan ambruk seperti ruangan kelas 5 SDN Gudangkahuripan III.

"Tapi memang terkadang belum kita sempat perbaiki suka ada yang ambruk duluan, makanya untuk perbaikan diprioritaskan untuk rungan yang rusak berat dulu," katanya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved