VIDEO Perdana di Kota Bandung, Seorang Anggota Gober/Tenaga Kebersihan Diberangkatkan Umrah

Lurah Caringin, Farhan Akbar menambahkan, bahwa program unggulan tersebut diberi nama CAUASAK (Caringin Angkat Umroh Angkat Sadaya Karena Allah).

Laporan Wartawan Tribun Jabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Perdana di Kota Bandung, Kelurahan Caringin, Kecamatan Bandung Kulon, akan memberangkatkan Umrah seorang anggota Gober yang sudah berjasa menjadi anggota Gober sejak 2013.

"Ini perdana di Kota Bandung, memberangkatkan Umrah dan diambil dari anggota Gober Kelurahan. Semoga kegiatan perdana ini bisa semakin berkembang dan bisa menjadi percontohan bagi Kecamatan dan Kelurahan yang ada di Kota Bandung," kata Camat Bandung Kulon Asmara Hadi di Kantor Kelurahan Caringin, Kota Bandung, Jumat (04/10/2019).

Asmara Hadi mengatakan bahwa program yang dipelopori Lurah Caringin tersebut sangat luar biasa dan Lurah Caringin paham membaca apa yang dibutuhkan di lingkungannya. Ia juga mengapresiasi dan berpesan agar dalam membuat program, tidak karena latah atau meniru program yang ada.

Bobol, Bocah 12 Tahun Diperkosa 30 Pria Selama 2 Tahun, Teman Ayahnya Ikut Merasakan, Hingga Dijual

Lurah Caringin dinilainya sudah melakukan inovasi yang luar biasa karena telah menyesuaikan dengan permasalahan yang ada di Kelurahan. Asmara Hadi mengatakan bahwa program yang sudah berjalan sudah banyak, namun program untuk mendukung terkait masalah spritual atau keagamaan masih belum ada.

Lurah Caringin, Farhan Akbar menambahkan, bahwa program unggulan tersebut diberi nama CAUASAK (Caringin Angkat Umroh Angkat Sadaya Karena Allah). Program tersebut mulai dirancang pada November 2018.

"Kesejahteraan rohani, seperti jalan-jalan ke tempat wisata, itu sudah biasa. Hal yang sulit ialah untuk ziarah ke Tanah Suci. Alasan pemilihan seorang anggota Gober yang diberangkatkan Umrah ialah, karena Gober dan Linmas itu sangat dekat dengan Kelurahan dan Kecamatan," kata Farhan Akbar di Kantor Kelurahan Caringin, Bandung, Jumat (04/10/2019).

Anggota Gober yang diberangkatkan Umrah oleh Lurah Caringin ialah Iyus Rohaeli (81). Farhan Akbar mengatakan bahwa ada 18 anggota Gober dan 10 Linmas yang ada si Kelurahan Caringin. Pemilihan Iyus Rohaeli untuk berangkat Umrah, dikarenakan dari anggota Gober dan Linmas yang ada di Kelurahan, Iyus Rohaeli lah yang berusia sepuh.

Sumber dana untuk memberangkatkan Iyus Rohaeli dikatakan Farhan Akbar, berasal dari masyarakat dan CSR dari berbagai perusahaan termasuk Travel Dago Wisata, Bandung.

Ringkasan Perjalanan Kabinet Kerja Jokowi-JK yang Akan Segera Berakhir, 4 Reshuffle 6 Menteri Mundur

"Rencananya Pak Iyus Rohaeli akan berangkat pada 10 November 2019 dan beliau sudah didaftarkan melalui Dago Wisata. Biayanya awalnya sekira Rp 24 juta namun mendapat CSR dari Dago Wisata dan akhirnya biaya Umrah menjadi Rp 21 juta," kata Lurah Caringin.

Halaman
12
Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: yudix
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved