Banyak Warga Asal Jawa Barat di Papua, Mereka Berharap Bisa Dipulangkan Secepatnya

Sejumlah warga dari berbagai daerah di Indonesia yang berada di Papua, sudah dipulangkan ke daerah asalnya

Banyak Warga Asal Jawa Barat di Papua, Mereka Berharap Bisa Dipulangkan Secepatnya
Tribun Jabar/Ery Chandra
Ratu Triana sambil memangku anaknya menunjukkan foto pernikahannya dengan Asep Maulana, didampingi ibunya, di Kelurahan Nagri Tengah, Kabupaten Purwakarta, Rabu (2/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Sejumlah warga dari berbagai daerah di Indonesia yang berada di Papua, sudah dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing.

Tomy Aditya (31), warga asal Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengatakan banyak warga Purwakarta masih berada di Papua.

Tomy yang kesehariannya menjadi guru SD di Lanny Jaya, Papua, masih mengungsi di rumah rekannya di Jayapura.

"Banyak orang Sunda di Papua, tapi enggak tahu titik-titik wilayah dimana saja. Dan berapa banyak jumlahnya kurang tahu pasti," ujar Tomy, saat berbincang bersama Tribun Jabar melalui ponselnya, di rumah sewa kontrakan ibunya, di Kabupaten Purwakarta, Rabu (2/10/2019).

Menurutnya, sebelum berada di Jayapura beberapa hari lalu, yakni saat di pengungsian wilayah Wamena, Papua, ia menyaksikan sejumlah pengungsi asal Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Padang, dan lainnya sudah dipulangkan.

Viral Video Wisudawan Joget Lagu Entah Apa yang Merasukimu di Depan Dekannya, Ia Sarjana Teknik

"Kami yang masih berada di sini berharap menolong tidak sesuai suku. Karena semua butuh bantuan. Semoga bisa bersikap adil. Kami menginginkan aman," katanya.

Dia menuturkan sesuai arahan dari otoritas setempat menginformasikan bahwa untuk sementara waktu warga yang berasal dari berbagai daerah itu agar mencari dan melindungi keselamatan jiwa masing-masing.

"Karena keselamatan kami tidak bisa dijamin oleh pemerintah bilangnya. Soalnya banyak sekolah, tempat usaha, kantor, dan lainnya tak beraktivitas. Kami berharap bisa segera dipulangkan," ujarnya, seraya berharap bisa dipulangkan ke kampung halaman bersama adik iparnya yang berada di lokasi berbeda.

Kisah Kopassus Memburu Mbah Suro, Dukun Simpatisan PKI yang Kebal Senjata Tajam dan Tembakan

Sebelumnya pengguna akun media sosial bernama Tomy Aditia menulis komentar unggahan foto Diskominfo Kabupaten Purwakarta, yang berisi soal pelantikan KONI di facebook.

Dia meminta tolong kepada Pemkab Purwakarta agar dapat dipulangkan segera ke kampung halamannya.

Pria tersebut menulis ditujukan kepada Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika agar bisa dievakuasi dari Papua dan dipulangkan.

Penulis: Ery Chandra
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved