Sinetron Anak Langit Dapat Teguran Lagi dari KPI

Sinetron Anak Langit yang ditayangkan SCTV mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Sinetron Anak Langit Dapat Teguran Lagi dari KPI
DOKUMENTASI TRIBUNNEWS
Logo KPI

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Sinetron Anak Langit yang ditayangkan SCTV mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Ini merupakan kedua kalinya sinetron Anak Langit ditegur KPI.

Teguran KPI Pusat tersebut tertuang dalam surat Nomor 550/K/KPI/31.2/09/2019 tertanggal 12 September 2019.

Sanksi diberikan karena sinetron Anak Langit dianggap telah menampilkan adegan kekerasan (pukulan dan tendangan dengan visualisasi eksplisit) dalam perkelahian di episode tanggal 26 Agustus 2019.

Akhirnya KPI Hentikan Sementara Tayangan Hotman Paris Show, Ada Apa? Begini Tanggapan Hotman Paris

Menurut KPI, ada empat pasal Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) yang dilanggar sinetron Anak Langit.

Yang pertama adalah Pasal 14 ayat 2 P3 tentang kewajiban lembaga penyiaran memperhatikan kepentingan anak dalam setiap aspek produksi siaran.

Kedua, Pasal 21 ayat 1 tentang lembaga penyiaran wajib tunduk pada ketentuan penggolongan program siaran berdasarkan usia dan tingkat kedewasaan khalayak di setiap acara.

Sinetron tersebut juga dinyatakan melanggar Pasal 15 ayat 1 tentang program siaran wajib memperhatikan dan melindungi kepentingan anak-anak dan/atau remaja.

Tagar #SaveSpongeBob Tiba-tiba Trending di Twitter, Ada Hubungannya dengan KPI?

Pasal lain yang dilanggar adalah Pasal 37 ayat 4 tentang program siaran klasifikasi R dilarang menampilkan muatan yang mendorong remaja belajar tentang perilaku yang tidak pantas atau membenarkan perilaku yang tidak pantas tersebut sebagai hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari.

Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo menyatakan dalam sinetron dengan klasifikasi R (Remaja) berisiko ditiru penonton remaja dan anak-anak.

Halaman
12
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved