Hari Batik Nasional

Peringati Hari Batik Nasional, Petugas Pelayanan SIM dan Samsat Majalengka Pakai Baju Batik

Penggunaan baju batik tersebut dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh tepat pada tanggal 2 Oktober 2019 atau hari ini.

Peringati Hari Batik Nasional, Petugas Pelayanan SIM dan Samsat Majalengka Pakai Baju Batik
eki yulianto/tribun jabar
Situasi di loket pelayanan di kantor Samsat Majalengka, Rabu (2/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON, MAJALENGKA - Sejumlah petugas di pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Satlantas Polres Majalengka menggunakan baju batik, Rabu (2/10/2019).

Penggunaan baju batik tersebut dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh tepat pada tanggal 2 Oktober 2019 atau hari ini.

"Hari ini semua petugas di pelayanan SIM dan Samsat pakai baju batik, hal ini untuk ikut serta meramaikan peringatan Hari Batik Nasional," ujar Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono melalui Kasat Lantas, AKP Endang Sujana, Rabu (2/10/2019).

Kasat Lantas menilai, selain untuk memperingati Hari Batik Nasional, pihaknya ingin melestarikan kebudayaan yang khusus ada di Indonesia itu.

"Batik perlu dihargai sebagai warisan budaya dunia," ucap AKP Endang.

Sementara, menurut Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) wilayah Kabupaten Majalengka, Verovika Etty Sriwidayanti, pihaknya hari ini ikut berpartisipasi untuk memperingati Hari Batik Nasional.

Yanti, sapaan akrabnya mengatakan, pihaknya berpartisipasi dengan cara seluruh pegawai ASN P3D wilayah Kabupaten Majalengka beserta karyawan mitra kerja menggunakan baju batik.

"Biasanya hari ini, semua pegawai menggunakan baju putih. Tetapi sekarang semua pegawai menggunakan baju batik. Hal ini, sekaligus dalam rangka menggali budaya nasional, khususnya budaya lokal dengan mengenakan baju batik," kata Yanti, saat ditemui di kantornya.

Selain itu, lanjut dia, dirinya mengaku bangga atas peringatan Hari Batik Nasional ini.

Sebab, di Jawa Barat khususnya memiliki karya batik yang beragam dan berpotensi nilai batiknya.

"Memang di Jawa Barat, terkenal batik Cirebon, padahal sebenarnya bati-batik lain pun sudah mulai berkembang dan mudah-mudahan di Majalengka pun mempunyai ciri khas batiknya," ujarnya.

Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved