Jika Kebakaran di Gununghalu atau Rongga, Damkar Tak Bisa ke Sana, Terkendala Lokasi & Kontur Jalan

Jika terjadi kebakaran di Gununghalu atau Rongga, petugas Damkar tak bisa ke sana. Terkendala lokasi dan kontur jalan.

Tribunjabar/Nandri Prilatama
Kondisi jalan penghubung Kecamatan Gununghalu-Rongga, yang ada di Desa Wargasaluyu, tampak ambles di bagian pinggir jalannya, Senin (18/2/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, PADALARANG - Ketika terjadi kebakaran di wilayah Gununghalu dan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) petugas pemadam kebakaran belum mampu menjangkaunya untuk melakukan pemadaman.

Hal tersebut karena lokasi yang cukup jauh dan kontur jalan yang tidak memadai.

Saat terjadi kebakaran, pemadamannya hanya dilakukan oleh warga setempat.

Kabid Pemadam Kebakaran KBB, Nanan Sunandar, mengatakan, dengan adanya masalah lokasi yang cukup jauh dan kontur jalan yang tidak memadai, warga pun jarang ada yang melapor ketika terjadi kebakaran.

"Jadi untuk wilayah Gununghalu dan Rongga memang belum terjangkau oleh petugas kami ketika terjadi kebakaran," ujarnya saat ditemui di Kantor Damkar KBB Pos Padalarang, Selasa (1/10/2019).

Nanan menambahkan, untuk menyelesaikan masalah tersebut harus ada penambahan Pos Damkar di wilayah Gununghalu dan Rongga agar ketika terjadi kebakaran bisa tertangani.

Namun, untuk penambahan pos tersebut hingga saat ini belum terealisasi akibat tidak leluasa mengalokasikan anggaran karena Damkar KBB saat ini masih bergabung dengan Satpol PP.

"Untuk saat ini, kami baru memiliki empat pos yakni pos Padalarang, Cikalong Wetan, Cililin, dan Pos Lembang, untuk Gununghalu dan Rongga belum ada," katanya.

Selain itu, kata dia, kurangnya jumlah personel dan armada juga membuat sulit terealisasi untuk mengadakan pos damkar di dua wilayah tersebut.

"Jadi untuk mengadakan pos di sana harus ada penambahan armada dan personel juga, karena sejauh ini jumlahnya belum ideal," kata Nanan.

85 Persen Kebakaran di Bandung Barat Terjadi Saat Kemarau, Ada Dugaan Kesengajaan

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved