VIDEO Lahan Eks Pasar Sumber Tampak Kumuh, Padahal Dekat Kantor Pemkab, Rencananya Akan Dibuat Ini

Lahan eks Pasar Sumber tampak kumuh. Padahal dekat kantor Pemkab Cirebon. Rencananya akan dibuat ini.

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Lahan eks Pasar Sumber di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, tampak tidak terurus setelah ditinggalkan oleh para pedagang Pasar Sumber.

Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2014, salah satu poinnya menyebutkan, menjadikan daerah tersebut adalah kabupaten berbudaya.

Menurut informasi yang dihimpun Tribun Jabar, pada tahun ini pemerintah Kabupa‎ten Cirebon akan mengubah Hutan Kota Sumber dan lahan eks Pasar Sumber.

"Permintaan pak bupati dalam menunjang kabupaten berbudaya, dalam peninjauan yang dilakukan pun untuk percepatan program visi misi kepala daerah," kata Sekda Pemkab Cirebon, Rahmat Sutrisno di Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Senin (30/9/2019).

Namun begitu, kata Rahmat, Hutan Kota Sumber, dianggap lebih representatif karena ditunjang dari beberapa aspek, mulai dari ketersediaan luas lahan, sarana parkir memadai, dan berada dekat pusat pemerintahan daerah.

"DLH harus segera membuat grand design, sehingga kegiatan bisa dilakukan mulai dari penganggaran hingga pelaksanaan," katanya.

Plt Kepala DLH Kabupaten Cirebon, Sugeng Raharjo, mengatakan, pihaknya akan melalukan kajian, mulai dari pengecekan fasilitas luas lahan, infrastruktur, kondisi sekitar hutan kota, dan sarana penunjang lainnya.

"Jika semuanya dikaji, maka bisa disimpulkan total kebutuhan total anggaran," katanya‎.

Pantauan Tribun Jabar, Senin (30/9/2019), di lahan yang berseberangan dengan Hutan Kota Sumber ini‎, puing-puing bangunan sisa kios para pedagang ini tampak dibiarkan berserakan.

Puing bangunan yang tampak berserakan di lahan tersebut, mulai pecahan kaca, pecahan atap asbes, potongan kayu‎, bekas tembok, hingga sisa-sisa barang dagangan para pedagang pasar.

Zaenal (35), warga Kelurahan Sumber‎, mengatakan, keberadaan lahan tersebut dianggap merusak keindahan kota, karena berada di wilayah pusat perkantoran Pemerintahan Kabupaten Cirebon.

"Kumuh sekali, seperti tidak pernah dirapihkan sama sekali. Kayak sisa-sisa gempa," kata Zaenal di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin (30/9/2019).

Polres Cirebon Akan Berupaya Secepatnya, Warga Bisa Pakai Smart SIM yang Banyak Manfaat

Mencicipi Mango Green Tea ala Morregan Coffee Cirebon, Infuse Tea Pertama di Cirebon

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Lahan Eks Pasar Sumber Tampak Kumuh, Padahal Dekat Kantor Pemkab, Rencananya Akan Dibuat Ini, https://jabar.tribunnews.com/2019/09/30/lahan-eks-pasar-sumber-tampak-kumuh-padahal-dekat-kantor-pemkab-rencananya-akan-dibuat-ini.
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: taufik ismail
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved