Rencana Jalan Tol Bandung-Cilacap, Anggota DPRD Garut Minta Pemerintah Waspadai Calo Tanah

DPRD Kabupaten Garut mengapresiasi rencana pembangunan jalan tol Bandung-Cilacap yang akan melintasi Garut.

Rencana Jalan Tol Bandung-Cilacap, Anggota DPRD Garut Minta Pemerintah Waspadai Calo Tanah
TRIBUN JABAR
Tol Bandung-Cilacap 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - DPRD Kabupaten Garut mengapresiasi rencana pembangunan jalan tol Bandung-Cilacap yang akan melintasi Garut. Namun dewan juga meminta agar Pemkab Garut berhati-hati kepada calo tanah.

Anggota DPRD Garut dari Fraksi PKB, Subhan Fahmi, menuturkan, masalah pembebasan lahan harus menjadi perhatian Pemkab Garut. Jangan sampai calo tanah berkeliaran sehingga menyulitkan proses pembebasan tanah.

"Masalah calo tanah ini harus diantisipasi. Bisa jadi calo sudah tahu lokasi mana saja yang akan dibebaskan. Pemkab harus bisa atasi soal calo ini," ujar Fahmi, Senin (30/9/2019).

Keberadaan calo tanah, lanjutnya, sering meresahkan warga. Calo tanah biasanya akan membeli lahan dengan harga murah dan menjual kembali dengan harga tinggi.

Musim Kemarau Kali Ini Membuat Petani Sumedang Meradang, Irigasi Pun Kering Sulit Dapat Air

Pembangunan jalan tol juga akan meningkatkan perekonomian di Garut. Terutama memajukan pariwisata Garut yang sering dikeluhkan karena akses menuju Garut terkendala macet.

"Wisata ke Garut pasti akan semakin berkembang. Lebih lancar jalan dari Bandung ke Garut. Tidak seperti sekarang yang macet," katanya yang juga menjabat Ketua Komisi 1.

Fahmi juga meminta agar Pemkab Garut memerhatikan akses jalan keluar dari tol. Saat tol mulai beroperasi, tak akan menimbulkan kemacetan di titik baru.

Lahan Eks Pasar Sumber Tampak Kumuh, Padahal Dekat Kantor Pemkab, Rencananya Akan Dibuat Ini

Rencananya jalan tol Bandung-Cilacap yang melintasi Garut sepanjang 27 kilometer. Garut akan mendapat dua gerbang tol, satu di wilayah Banyuresmi dan satu lagi berada di wilayah perkotaan Garut.

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved