Aa Gym Sarankan Ini untuk Polisi dan Masyarakat Saat Adanya Unjuk Rasa

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid, Abdullah Gymnastiar menyarankan kepada para aparat kepolisian harus jauh lebih sabar.

Aa Gym Sarankan Ini untuk Polisi dan Masyarakat Saat Adanya Unjuk Rasa
Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
KH Abdullah Gymnastiar yang akrab disapa Aa Gym saat ditemui di acara peluncuran MQ Organik di Eco Pesantren Daarut Tauhid di Jalan Ciwaruga, Kabupaten Bandung Barat, melalui siaran pers yang diterima, Kamis (29/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid, Abdullah Gymnastiar menyarankan kepada para aparat kepolisian harus jauh lebih sabar.

Terlebih lagi saat melakukan tugas pengamanan unjuk rasa yang dilakukan masyarakat.

Hal tersebut dikatakannya saat dikonfirmasi mengenai kondisi bangsa Indonesia saat ini oleh Tribun Jabar melalui pesan singkat pada Minggu (29/9/2019).

Ini Pesan Aa Gym bagi Masyarakat Indonesia Setelah Berbagai Peristiwa Terjadi di Negeri Ini

Aa Gym Prihatin Terhadap Kondisi Bangsa, Doakan agar Indonesia Lebih Baik di Tanah Suci

Sebab diketahui sejumlah unjuk rasa akhir-akhir ini berujung ricuh di beberapa daerah. Bentrokan sering terjadi antara massa aksi dengan pihak kepolisian yang bertugas mengamankan demo.

"Saran untuk aparat kami yaitu karena mengetahui tugas yang sangat berat menjaga keamanan, maka harus jauh lebih sabar, jauh lebih patuh pada SOP," kata pria yang akrab disapa Aa Gym itu.

Oleh karena beratnya tugas pihak kepolisian, ia meminta bahwa saat bertugas jangan sampai melakukan tindakan yang di luar prosedur pengamanan.

Hal itu agar pengamanan bisa benar-benar menjadi bagian dari solusi dan tidak menimbulkan masalah lainnya.

Apalagi bila ada oknum yang bertindak tidak sesuai prosedur, maka menurut Aa Gym akan sangat merusak kredibilitas serta bisa menimbulkan antipati terhadap Polri.

"Kalau diketahui oleh masyarakat, akan sangat merusak citra polisi, sangat bisa mengurangi kepercayaan dan bisa menimbulkan kekurangsukaan," ucapnya.

Tidak hanya mengingatkan pihak kepolisian, Aa Gym meminta masyarakat yang melakukan unjuk rasa untuk tetap dalam koridor yang benar saat menyampaikan pendapatnya.

Meski ada perbedaan pendapat yang tajam namun kearifan dan kebijaksanaan harus tetap dikedepankan agar jadi tauladan bagi generasi yang akan datang.

Serta juga para pengunjuk rasa, kata Aa Gym jangan sampai memusuhi pihak kepolisian yang bertugas mengamankan demonstrasi.

"Karena aparat kepolisian juga adalah saudara kita semua, kita patungan menggajinya. Apalagi jangan sampai ada fasilitas umum yang dirusak karena itupun jerih payah kita bersama," ujar dia menambahkan.

Ia berharap ada solusi paling baik bagi bangsa Indonesia agar negara ini bisa kembali adil, lebih tentram dan makmur.

Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved