Tol Bandung-Cilacap, Bupati Bandung Sebut Exil Tol di Kabupaten Bandung akan Dibangun di Sini

Bupati Bandung Dadang M Naser mengusulkan Pintu Tol Bandung-Cilacap dibangun di Jalan Raya Majalaya-Cicalengka

Tol Bandung-Cilacap, Bupati Bandung Sebut Exil Tol di Kabupaten Bandung akan Dibangun di Sini
Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin
Bupati Bandung Dadang M Naser 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Bupati Bandung Dadang M Naser mengusulkan Pintu Tol Bandung-Cilacap dibangun di Jalan Raya Majalaya-Cicalengka antara Kecamatan Paseh dan Majalaya.

Bupati menuturkan awalnya Pemkab Bandung mengusulkan dua pintu tol namun untuk sementara Pemprov Jabar hanya menyetujui satu pintu tol.

Tadinya bupati berharap ada pintu tol yang bisa masuk langsung ke TOD Kereta Cepat di Bojongsoang dan ke jalur tengah Kota Baru Tegalluar.

"Tadinya kami persiapkan (gate tol) di Solokanjeruk tapi ada sutet, akhirnya disepakati di antara Paseh-Majalaya di Jalan Majalaya-Cicalengka," katanya.

Meski begitu akhirnya bupati mengusulkan dua muka gate tol untuk Tol Bandung-Cilacap ini, yang pertama di Jalan Anyar Majalaya dan yang ke dua di Jalan Raya Cicalengka-Majalaya.

Piutang Pajak Pemkot Bandung Hampir Rp 1 Triliun, Sekda Ema Sumarna Siap Buru Penunggak Pajak

"Pintunya tetap satu tapi belalainya ada dua, yang satu di Jalan Anyar dan satunya lagi di Jalan Majalaya-Cicalengka, batasnya harus 1 km jaraknya," katanya.

Bupati menuturkan minggu ini penlok (Penetepan Lokasi) akan dikeluarkan oleh Gubernur, karena Pemprov yang memiliki kewenangan tersebut.

Nantinya pembangunan akan diawali dari Gedebage Kota Bandung, lanjut menuju Majalaya sampai di Gunung Kasur.

"Tahap selanjutnya persiapan dari Paseh-Majalaya masuk ke Garut terus ke tahap selanjutnya. Proyek ini hingga 2024. Desember mulai pembebasan lahan, panjang jalan hingga 14 km termasuk belalainya," kata bupati.

Dadang berharap proses pembebasan lahan ini nantinya, bisa berjalan dengan lancar, seperti proses pembebasan lahan untuk Tol Soroja dulu. Pembebasan lahan melalui pendekatan yang saling menguntungkan.

Kabar Baik Bagi Persib & Bobotoh Tentang Naturalisasi Fabiano, Tak Lama Lagi Bakal Jadi WNI

"Apalagi kalau menggunakan Undang-undang pertanahan. Tanah yang dibutuhkan oleh negara untuk kepentingan umum maka menggunakan Undang-undang pertanahan, dikonsinyasi disimpan uangnya di pengadilan dan pembangunan tetap bisa berjalan," tuturnya.

Dengan dibangunnya Gate Tol Bandung-Cilacap  ini diharapkan Majalaya sebagai kota lama yang dijuluki sebagai kota satelit ini bisa berkembang.

Ditambah pembangunan Kota Baru Tegalluar yang berdampingan diharapkan bisa menumbuhkan perekonomian nantinya.

"Rencananya di sana (Majalaya) persiapan pembangunan pasar dan terminal, ada pasar hewan juga. Dan sekarang sedang dibangun di The Matic Mall dan hotel. Kami juga akan membangun jalan-jalan lingkar dan pelebaran jalan untuk mengurai kemacetan," katanya.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved