Pelajar Diajak Unjuk Rasa, KPAI KBB Meminta Pihak Sekolah Tingkatkan Pengawasan

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) meminta pihak sekolah meningkatkan

Pelajar Diajak Unjuk Rasa, KPAI KBB Meminta Pihak Sekolah Tingkatkan Pengawasan
Tribunjabar/Firman Wijaksana
Sejumlah pelajar SMA/SMK atau STM ikut berunjuk rasa di Bundaran Simpang Lima, Garut, Kamis (26/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) meminta pihak sekolah meningkatkan pengawasan dan pemahaman kepada para siswa terkait beredarnya ajakan unjuk rasa untuk menolak revisi UU KPK dan RUU KUHP.

Hal tersebut dinilai perlu dilakukan agar semua siswa tidak terlibat pada kegiatan unjuk rasa yang memungkinkan merugikan dirinya sendiri, keluarga, masyarakat dan sekolah.

Ketua KPAI Bandung Barat, Dian Dermawan, mengatakan, para pelajar khususnya di KBB harus bisa menahan diri ketika ada ajakan berdemo karena bisa menimbulkan provokasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kami mendorong pihak terkait baik pemerintah, kepolisian, dinas pendidikan untuk mencegah kembali terjadinya demonstrasi yang mengikutsertakan pelajar," ujar Dian Darmawan di Lembang, Jumat (27/9/2019).

Respons Jokowi Saat Ditanya Penangkapan 2 Aktivis, Balik Badan dan Meminta Sosok Ini Menjawabnya

KPAI Bandung Barat, kata dia, tidak mendukung gerakan yang mengajak para pelajar karena bukan kewajiban mereka untuk melakukan kegiatan tersebut, tetapi tugas pelajar tetap harus belajar di sekolah.

Selain pihak sekolah, pihaknya juga mengimbau kepada orang tua siswa, agar lebih intens mengawasi dan memantau keberadaan anak-anaknya agar tidak terlibat dalam aksi tersebut.

"Karena dikhawatirkan menyulut ke arah kegiatan yang negatif, anarkis hingga tawuran. Jadi kami juga mengimbau agar pelajar untuk tidak langsung percaya dan meminta agar mereka tetap belajar seperti biasa," katanya.

Teman Randy akan Pakai Baju Hitam & Bakar Lilin, Mahasiswa UHO Kendari Itu Tewas Ditembak Saat Demo

Seperti diketahui, akhir-akhir ini adanya unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa di berbagai daerah, juga ada segelintir pelajar yang turut melakukan aksi tersebut, sehingga hal ini menjadi keprihatinan karena mereka masih tergolong anak-anak.

Untuk itu pihanya, juga meminta agar generasi bangsa dari kalangan pelajar ini harus tetap dibiarkan tumbuh dan berkembang dengan benar dan pikiran yang sehat.

"Jangan diajak terjerumus ke dalam hal perpolitikan," kata Dian.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved