Dua Bulan Erupsi Menerus, Aktivitas Vulkanik Gunung Tangkubanparahu Masih Fluktuatif

Selama dua bulan aktivitas vulkanik Gunung Tangkubanparahu yang berada di KBB dan Kabupaten Subang masih fluktuatif dengan status masih Waspada

Dua Bulan Erupsi Menerus, Aktivitas Vulkanik Gunung Tangkubanparahu Masih Fluktuatif
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi Kawah Ratu Gunung Tangkubanparahu, Senin (29/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Selama dua bulan aktivitas vulkanik Gunung Tangkubanparahu yang berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Subang masih fluktuatif dengan status masih Level II ( waspada).

Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi pada PVMBG Hendra Gunawan, mengatakan, aktivitas vulkanik Gunung Tangkubanparahu pada pekan lalu cenderung menurun, tetapi saat ini aktivitasnya kembali meningkat.

"Masih berfluktuasi, seminggu kemarin cenderung turun, tapi tadi pagi perlahan sedikit meningkat lagi," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (27/9/2019).

Dua Bulan Gunung Tangkubanparahu Erupsi, Pemangku Adat Minta Masyarakat Sabar dan Ikhlas

Tercium Bau Belerang dari Gunung Tangkubanparahu hingga Cimahi dan KBB, Begini Kata Ahlinya

Kondisi Gunung Tangkubanparahu, lanjutnya, saat ini masih tetap mengeluarkan asap berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan ketinggiannya mencapai 20 hingga180 meter dari dasar kawah.

Sedangkan untuk kegempaan, pada hari ini sudah terjadi 3 kali gempa hembusan dengan amplitudo 4 hingga 15 milimeter dan durasinya 12 hingga 35 detik.

"Selain itu, masih tetap tremor menerus, terekam dengan amplitudo 0.5 hingga 13 milimeter dominan 2 milimeter," katanya.

Atas hal tersebut, masyarakat di sekitar Gunung Tangkubanparahu diimbau untuk tidak mendekati kawah dalam radius 1,5 kilometer.

"Harus tetap tenang, beraktivitas seperti bisa dan tidak terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Tangkubanparahu dan diharapkan selalu mengikuti arahan dari BPB

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved