Teras Cidurian Diresmikan, Wujudkan Komitmen Pemkot dan Warga Neglasari Tingkatkan Peduli Lingkungan

Warga RW 08 Kelurahan Neglasari patut berbagga hati, sebab kini telah dibangun sebuat spot menarik untuk berslitarahmi bernama Teras Cidurian

Teras Cidurian Diresmikan, Wujudkan Komitmen Pemkot dan Warga Neglasari Tingkatkan Peduli Lingkungan
Tribun Jabar/Cipta Permana
Camat Cibeunying Kaler, Suardi dan Lurah Neglasari, Indra Bayu Kamajaya bersama warga bersofo bersama di atas Teras Cidurian usai kegiatan peresmian di RT 01 RW 08 Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Kamis (26/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga RW 08 Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, khususnya yang tinggal di aliran sungai patut berbagga hati, sebab kini telah dibangun sebuat spot menarik yang dapat dipergunakan masyakarat sebagai tempat berkumpul dan bersilaturahim antar warga bernama Teras Cidurian.

Mengusung tema warna-warni, Teras Cidurian yang dibangun hanya memerlukan waktu kurang lebih selama tiga minggu tersebut, memiliki beberapa fasilitas umum yang dapat dipergunakan bagi masyarakat sekitar, salah satunya kotak literasi cerdas ( Kolecer).

Kolecer merupakan sebuah rumah kotak mini biru dengan kaca di berbagai sisinya yang memuat beraneka ragam buku bacaan dan ilmu pengetahuan, sehingga dapat menambah wawasan bagi masyarkat disekitarnya.

Camat Cibeunying Kaler, Suardi mengatakan, dengan hadirnya Teras Cidurian ini menjadi simbol semangat yang sama antara masyarakat dan pemerintah, dalam hal meningkatkan kepedulian untuk bersama-sama turut memelihara kondisi kebersihan Sungai Cidurian.

Terlebih saat ini, Pemerintah Kota Bandung bersama Forum Bandung Sehat (FBS) telah menargetkan untuk dapat menjadi kota dengan tingkat Open Defecation Free (ODF) seratus persen pada tahun 2020. Hal tersebut tidak terlepas dari adanya sebuah survei penelitian yang menyebutkan bahwa Kota Bandung menjadi kota terkotor keempat di Jawa Barat, dengan tingkat pembuangan limbah domestik ke sungai 25,5 ton setiap harinya.

"Oleh karena itu, hal ini perlu dukungan dan kerja keras bukan hanya dari pemerintah tapi juga seluruh masyarakat di wilayahnya masing-masing untuk dapat mewujudkan ODF atau tidak buang air besar sembarangan ke sungai menjadi seratus persen," ujarnya saat ditemui usai meresmikan Teras Cidurian, Kamis (26/9/2019).

Camat Cibeunying Kaler, Suardi bersama Lurah Neglasari, Indra Bayu Kamajaya menandatangi prasasti batu berbentuk buku sebagai simbol diresmikanya Teras Cidurian di RT 01 RW 08 Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Kamis (26/9/2019).
Camat Cibeunying Kaler, Suardi bersama Lurah Neglasari, Indra Bayu Kamajaya menandatangi prasasti batu berbentuk buku sebagai simbol diresmikanya Teras Cidurian di RT 01 RW 08 Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Kamis (26/9/2019). (Tribun Jabar/Cipta Permana)

Selain itu di wilayah Kecamatan Cibeunying Kaler pun, lanjutnya, para kader Puskesmas tengah mengikuti pembekalan dan melaksanakan kegiatan sosail kepada seluruh warga terkait Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), guna menjadikan lingkungan dan masyarakat di seluruh Kecamatan Cibenying Kaler terbebas dari berbagai penyakit menular dan tidak menular.

"Kami juga mendorong agar seluruh warga dapat mengaplikasikan Gerakan Kang Pisman (kurangi, pisahkan, dan manfaatkan sampah langsung dari sumbernya) di tingkat rumah tangganya masing-masing, dan alhamdulillah Kelurahan Neglasari merupakan salah satu dari 151 kelurahan se Kota Bandung yang berpredikat  kawasan bebas sampah," ucapnya.

Suardi pun berharap, Teras Cidurian ini juga bisa memberi manfaat bagi generasi muda di RW 08 Kelurahan Neglasari untuk lebih kreatif dan memiliki ide gagasan positif, khususnya solusi permasalah lingkungan yang dapat disalurkan kepada pemerintah kewilayahan dan Pemerintah Kota Bandung, dalam upaya mendukung visi misi Kota Bandung yaitu, Unggul, Nyaman, Sejahtera, dan Agamis.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved