Program Saung Ambu, Upaya Pemkab Purwakarta Dekatkan Fasilitas Kesehatan Pada Masyarakat

Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta terus maksimalkan pelayanan kepada masyarakat baik di wilayah perkotaan maupun di wilayah pedesaan.

Program Saung Ambu, Upaya Pemkab Purwakarta Dekatkan Fasilitas Kesehatan Pada Masyarakat
Humas Pemkab Purwakarta
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyasar wilayah yang jauh dari wilayah perkotaan, terutama memaksimalkan fasilitas pelayanan kesehatan. 

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta terus maksimalkan pelayanan kepada masyarakat baik di wilayah perkotaan maupun di wilayah pedesaan.

Salah satunya adalah dengan membangun pelayanan kesehatan terintegrasi dengan program Saung Ambu.

Program yang diinisiasi oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika ini, sengaja menyasar dulu wilayah yang jauh dari wilayah perkotaan,terutama memaksimalkan fasilitas pelayanan kesehatan.

Anne mengatakan dirinya ingin lebih mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berada di wilayah, salah satunya daerah Ciririp dan Parungbanteng Kecamatan Sukasari.

Kekurangan Armada Distribusi Air Bersih, Pemkab Purwakarta Minta Bantuan Pemprov Jabar

Alasannya karena kedua wilayah tersebut akses dan fasilitas belum menunjang,sehingga perlu dibangun pelayanan kesehatan yang terintegrasi.

"kenapa desa Parung Banteng, dan Desa Ciririp,  karena jarak kedua desa terlalu jauh dari pusat kesehatan dasar puskesmas, kemudian ditambah, disini tidak ada angkutan umum,  akhirnya masyarakat disana kesulitan. kemudian kita mendekatkan fasilitas ini dengan pemukiman," kata Anne ketika meresmikan Saung Ambu di Desa Ciririp,Kecamatan Sukasari Purwakarta. Jumat (20/9).

Apalagi di Saung Ambu, bukan hanya melayani pemeriksaan kesehatan, tetapi masyarakat diberikan pengetahuan tentang pola hidup yang sehat. Meskipun jauh dari wilayah perkotaan fasilitas serta pola hidup sehat bisa menyasar wilayah Pedesaan,khususnya masyarakat Parung Banteng dan Ciririp melalui Saung Ambu.

"yang di alami warga disini, masih berkisaran oleh pola makan,  tadi ada anak - anak yang menderita diare, batuk, pilek, panas, bahkan orang tuanya ada yang hipertensi. Disini pun masyarakat bisa diberikan pengetahuan cara pola hidup sehat," jelasnya.

Masyarakat memanfaatkan fasilitas Program Saung Ambu. Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta terus maksimalkan pelayanan kepada masyarakat baik di wilayah perkotaan maupun di wilayah pedesaan.
Masyarakat memanfaatkan fasilitas Program Saung Ambu. Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta terus maksimalkan pelayanan kepada masyarakat baik di wilayah perkotaan maupun di wilayah pedesaan. (Humas Pemkab Purwakarta)

Selain itu, Anne pun menyasar masyarakat yang belum memiliki jamban,dalam saung ambu juga masyarakat diberikan pemahaman terkait lingkungan rumah yang sehat, pola makan sehat hingga 10 pola hidup sehat pun menjadi salah satu sasarannya.

Karena menurutnya keberadaan Saung Ambu bukan hanya berbicara soal tindakan,melayani atau memeriksa kesehatan masyarakat yang datang ke Saung Ambu. Tetapi Saung Ambu harus jadi pusat kehidupan masyarakat dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

Halaman
12
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved