Breaking News:

1 Oktober 2019, Pemkab Indramayu Siap Bagikan 492 Sertifikat Tanah Wakaf Musala dan Masjid Gratis

Sebanyak 492 musala dan masjid di Kabupaten Indramayu akan diberikan sertifikat tanah wakaf secara gratis.

Tribun Jabar/Eki Yulianto
Bupati Indramayu, Supendi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Sebanyak 492 musala dan masjid di Kabupaten Indramayu akan diberikan sertifikat tanah wakaf secara gratis.

Kepastian tersebut disampaikan Bupati Indramayu, Supendi kepada Tribuncirebon.com saat ditemui di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Indramayu, Rabu (25/9/2019).

Supendi menyampaikan, pemberian sertifikat gratis ini dalam rangka Hari Agraria dan Tata Ruang tahun 2019 sekaligus menyambut Hari Jadi Ke-492 Kabupaten Indramayu.

"Nanti Insya Allah tanggal 1 Oktober kita akan memberikan sertifikat tanah wakaf secara gratis," ujar dia.

Supendi menyampaikan, seluruh aset termasuk mushola dan masjid di Kabupaten Indramayu harus dilengkapi dengan administrasi berupa sertifikat tanah yang jelas.

BREAKING NEWS, Mahasiswa Kuasai Gedung DPRD Garut, Meja Anggota Dewan Pun Dinjak-injak

Hal itu penting diperhatikan karena apabila suatu saat terjadi polemik atas status hak tanah, bangunan-bangunan itu memiliki perlindungan payung hukum yang jelas.

Selain itu, masyarakat yang belum memiliki sertifikat tanah juga diimbau untuk bisa mengurus administrasi pertanahan mereka sesegera mungkin.

Pasalnya, disebutkan dia, fenomena sekarang ini populasi pendudukan setiap saat selalu mengalami peningkatan, sedangkan luas bidang tanah akan selalu sama dan tidak ada perubahan.

"Kalau tidak ditata dengan sedemikian rupa terutama dari segi kepemilikannya dengan sertifikat, nanti suatu saat bisa saja menimbulkan masalah baru," ujar dia.

KRONOLOGI Bocah Sukabumi Hanyut di Sungai, Dirudapaksa Kakak dan Dicekik Ibu, Tewas Mengenaskan

Sementara itu, Kepala BPN Kabupaten Indramayu, Herryzal Sjafri menambahkan, pembagian sertifikat tanah gratis ini sebagai komitmen pihaknya dalam melayani masyarakat.

Sebelumnya, BPN Kabupaten Indramayu bekerjasama dengan Masyarakat Cinta Masjid (MCM) Indramayu untuk mendata setiap musala dan masjid se-Kabupaten Indramayu yang belum memiliki sertifikat tanah.

"Untuk wakaf ini kita khususkan bagi mushola dan masjid, untuk target itu kita targetkan sebanyak 1.000 bidang di seluruh Indramayu," ujar dia.

Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved