Penanganan Kebakaran Hutan, Damkar dan BPBD Cimahi Gelar Latihan Gabungan

17 anggota Damkar dan BPBD Kota Cimahi menggelar latihan gabungan terkait penangan kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla) khususnya di Kota Cimahi

Penanganan Kebakaran Hutan, Damkar dan BPBD Cimahi Gelar Latihan Gabungan
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Damkar Cimahi dan BPBD Cimahi gelar latihan gabungan terkait penangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya di wilayah Kota Cimahi. Latihan ini digelar di Mako Damkar Cimahi, Jalan Baros No.14 Kota Cimahi, Senin (23/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI- Sebanyak 17 anggota Damkar dan BPBD Kota Cimahi menggelar latihan gabungan terkait penangan kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla ) khususnya di wilayah Kota Cimahi.

Latihan bersama belasan petugas Damkar dan BPBD Kota Cimahi berlangsung di Mako Damkar Cimahi, Jalan Baros No.14 Kota Cimahi, Senin (23/9/2019).

Kegiatan latihan gabungan ini guna memperkuat kolaborasi dan bersinergi dalam penangan pemadam kebakaran hutan dan lahan yang fungsinya ada di BPBD Kota Cimahi.

Kabid Damkar dan Penyelamatan Kota Cimahi, Ogi Mardianto mengatakan pada latihan gabungan tersebut pihaknya melakukan pengenalan peralatan dan teknis penggunaannya.

"Kalau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) itu ada di BPBD sedang kami fungsinya di lingkup bangunan perkotaan, jadi latihan ini memperkenalkan alat -alat seperti fungsi selang untuk apa, cara memasangnya bagaimana," ujar Ogi disela-sela latihan Gabungan.

Pemkab Cirebon Minta Lembaga Swasta atau Pemerintah Layani Warga yang Pakai Suket‎

Penampakan Langit Merah di Jambi Akibat Kebakaran Hutan Mengerikan, Lihat Foto-fotonya

Ia mengatakan hal tersebut sangat penting mengingat kejadian kebakaran bisa terjadi kapanpun, tidak mengenal waktu maupun situasi.

Khususnya kebakaran hutan dan lahan, seluruh anggota dari Damkar dan BPBD Cimahi serta unsur bantuan lain seperti Tagana, PMI dan lainnya harus bisa bersinergi dan menguatkan dalam super tim untuk masalah penangannya.

"Bisa bahu-membahu saat ada kebakaran lahan atau hutan, bisa saling menguatkan dan kolaborasi super tim, kami tidak bisa sendirian," katanya.

Dari pantauan Tribun Jabar dilokasi latihan gabungan, sebanyak 8 dari 17 anggota berasal dari Damkar Kota Cimahi dan sembilan orang dari BPBD Cimahi

Mereka diberikan pengenalan peralatan seperti fungsi selang, penggunaan way conection atau cabang, alat nozel grip, nozel jet untuk menembakkan air dari selang.

Ogi menambahkan setelah dilakukan pengenalan alat, pada hari Rabu (25/9/2019) mendatang, akan diadakan latihan gabungan langsung terjun ke lokasi yang bertempat di Cireundeu Kota Cimahi.

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved