Hari Tani Nasional, Para Petani dan Nelayan Demo di Depan Gedung DPRD Kabupaten Indramayu

petani dan nelayan di Kabupaten Indramayu berdemonstrasi di depan Gedung DPRD Kabupaten Indramayu, Selasa (24/9/2019).

Hari Tani Nasional, Para Petani dan Nelayan Demo di Depan Gedung DPRD Kabupaten Indramayu
Tribun Cirebon/Handhika Rahman
Massa petani dan nelayan saat berdemonstrasi di depan Gedung DPRD Kabupaten Indramayu, Selasa (24/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU- Pada Hari Tani Nasional yang jatuh pada 24 September harus menjadi kebangkitan para petani dan nelayan di Kabupaten Indramayu.

Hal tersebut diungkapkan koordinator aksi, Jahid kepada Tribuncirebon.com di sela-sela demonstrasi di depan Gedung DPRD Kabupaten Indramayu, Selasa (24/9/2019).

Dirinya menyampaikan, dalam peringatan Hari Tani ke-59 ini sekaligus mengingatkan pihaknya terhadap lahirnya Perpres Nomor 86 Tahun 2018 yang merupakan turunan dari Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA).

Meski ada Perpres itu, realita di lapangan masih banyak perampasan sumber-sumber agraria yang dirampas pemerintah dengan mengatasnamakan pembangunan.

"Mereka tidak mengindahkan hak rakyat di dalamnya," ujar dia.

Dirinya menyoroti, ada tujuh tujuan dari dibuatnya perpres tersebut, yakni mengurangi ketimpangan penguasaan dan kepemilikan tanah dalam rangka menciptakan keadilan.

Lalu juga menangani sengketa dan konflik agraria; menciptakan sumber kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat yang beberbasis agraria melalui pengaturan, penguasahaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah.

Gadis Ini Menangis, Pilu, Adiknya Lahir dengan 4 Tangan dan 4 Kaki, Hanya Bisa Lihat dari Ponsel

Penyebab Kematian TKW Sumedang Terungkap, Keluarga Dapat Kabar Sakit Tiba-tiba Dikabari Meninggal

Lanjut dia, menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi kemiskinan; memperbaiki akses masyarakat kepada sumber ekonomi; meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan; memperbaiki dan menjaga kualitas lingkungan hidup.

"Kami sebagai bagian dari elemen masyarakat tentu saja mendukung segala kebijakan pemerintah daerah tapi pembangunan industri ini juga harus tetap memprioritaskan aspek pertanian dan perikanan sebagai modal sumber daya alam yang dimiliki Indramayu," ujar dia.

Halaman
12
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved