Euis Ida Wartiah, Perempuan Pertama yang Jadi Ketua DPRD Garut

Euis Ida Wartiah dilantik menjadi Ketua DPRD Garut periode 2019-2024. Euis jadi perempuan pertama di Garut yang menjadi pimpinan dewan.

Euis Ida Wartiah, Perempuan Pertama yang Jadi Ketua DPRD Garut
Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Euis Ida Wartiah, Ketua DPRD Garut periode 2019-2024 yang baru dilantik, Selasa (24/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT- Euis Ida Wartiah dilantik menjadi Ketua DPRD Garut periode 2019-2024. Euis jadi perempuan pertama di Garut yang menjadi pimpinan dewan.

Wanita kelahiran 14 Maret 1957 itu telah 10 tahun menjadi anggota DPRD Garut. Kader Partai Golkar itu bertarung di daerah pemilihan (Dapil) V Garut.

Ia juga jadi satu-satunya keterwakilan perempuan di jajaran pimpinan.

"Saya sudah 10 tahun di sini (DPRD). Sebagai ketua akan berusaha beri yang terbaik. Tak ada kendala walau seorang perempuan," ujar Euis Ida Wartiah usai pelantikan, Selasa (24/9/2019).

Euis mengaku tak pernah bermimpi untuk menjadi ketua dewan. Ia berjanji akan memperjuangkan kaum wanita di masa kepemimpinannya.

Hari Tani Nasional, Para Petani dan Nelayan Demo di Depan Gedung DPRD Kabupaten Indramayu

Riuh Demo Mahasiswa di DPR, Eh Ada Komika Arafah Rianti Ikut Aksi Demonstrasi hingga Malam

"Masalah pendidikan dan kesehatan harus lebih diperhatikan dari kaum wanita. Apalagi lama sekolah di Garut itu cuma 7,5 tahun. Harus ditingkatkan lagi," katanya.

Menjadi seorang ketua dewan, tak akan mengganggu kehidupannya. Ia pun bisa fokus bekerja karena hanya tinggal sendirian di rumah.

"Suami kan sudah 20 tahun meninggal. Anak juga hanya satu. Paling main sama cucu. Saya juga dosen di salah satu kampus di Garut. Tidak akan terganggu," ucapnya.

Posisi wakil ketua DPRD juga diisi muka lama. Yakni Agus Hamdani dari PPP yang sempat menjadi Bupati Garut. Dua kursi pimpinan lain diisi oleh Moch Romli dari PKB dan Enan dari Gerindra.

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved