VIDEO Tinggalkan Kertas dan Pena, MTs 12 Indramayu Buat Aplikasi Ujian Berbasis Android

Pemandangan berbeda tampak pada saat pelaksanaan Ulangan Tengah Semester (UTS) di MTs 12 Indramayu, Senin (23/9/2019).

Inovatif, Tinggalkan Kertas dan Pena, MTs 12 Indramayu Buat Aplikasi Ujian Berbasis Android

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Pemandangan berbeda tampak pada saat pelaksanaan Ulangan Tengah Semester (UTS) di MTs 12 Indramayu, Senin (23/9/2019).

Pasalnya pada tahun ini, sekolah yang identik disebut Madrasah Robotik Indramayu ini mulai tinggalkan kertas dalam pelaksanaan ujian dan memilih beralih menggunakan android.

Uniknya lagi, aplikasi web server yang digunakan dalam pelaksanaan ujian itu dibuat sendiri olah pihak sekolah khusus untuk pelaksanaan UTS.

Operator pengawas ujian, Roy Prasetiyo Istianto mengatakan, aplikasi tersebut belum memiliki nama khusus, pihaknya menamai aplikasi itu dengan nama Ujian Tengah Semester MTs 12 Indramayu berbasis android.

"Ini web sekolah sendiri khusus untuk ujian hanya digunakan oleh sekolah ini," ujar dia kepada Tribuncirebon.com.

Dirinya menjelaskan, aplikasi ini dirancang sedemikian rupa untuk menunjang pelaksanaan ujian menjadi sesederhana mungkin, namun dengan tidak mengurangi kualitas ujian.

Dijelaskan dia, para siswa itu akan mendapat soal yang berbeda satu sama lain, baik soal maupun opsi jawaban semuanya berbeda.

Hal tersebut dibuat agar meminimalisir kecurangan yang bisa terjadi, selain itu pihaknya juga menyediakan Wifi sebagai akses internet yang didesain menjadi Intranet atau dengan kata lain jaringan privat yang menggunakan protokol-protokol Internet dan hanya dapat diakses secara internal.

Nantinya, dengan keberadaan intranet ini, para siswa tidak bisa mengakses halaman apapun selain soal-soal yang diujikan.

"Ada 5 wifi yang kami sediakan, misal kalau siswa keluar dari halaman ujian maka otomatis akan terdeteksi bahwa siswa itu logout oleh server," ucap dia.

Pantauan Tribuncirebon.com di lokasi, ada sebanyak 123 siswa yang mengikuti ujian di hari pertama ini, mereka adalah siswa kelas 7 yang terbagi menjadi 4 kelas.

Masing-masing dari mereka mengerjakan soal berjumlah 15 soal untuk setiap mata pelajaran dengan rentang waktu 30 menit.

Ada 14 mata pelajaran yang diujikan pada hari ini, yakni Qur'an Hadist, Aqidah Akhlaq, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Seni Budaya, PJOK, dan Prakarya.

Sedangkan, untuk pelaksanaan UTS Kelas 8 akan dilaksanakan pada hari esok dan UTS untuk Kelas 9 akan dilaksanakan pada hari selanjutnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah MTs 12 Indramayu, Dorin mengatakan, pelaksanaan UTS berbasis android ini merupakan upaya yang selama ini pihaknya upayakan, yakni menjadikan MTs 12 Indramayu sebagai sekolah yang unggul dari sisi IT.

"Kita buat beberapa rencana, di antaranya didahului dengan UTS online berbasis android ini," ucapnya.

Dijelaskan dia, dalam melaksanakan ujian, para siswa itu menggunakan gadget pribadi sebagai sarana pengerjaan.

Hal tersebut dilakukan karena UTS berbasis android ini merupakan yang pertama dan sehingga masih memaksimalkan fasilitas yang ada.

"Kalau kita memanfaatkan fasilitas komputer kita mungkin terbatas, tapi kan setiap anak memiliki smartphone, jadi kita manfaatkan untuk menunjang jaringan IT kita, fasilitas internet kita melimpah, android mereka punya sehingga UTS online ini berjalan dengan baik," ujar dia.

Penulis: Handhika Rahman
Video Production: Wahyudi Utomo

Editor: yudix
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved