Ervin Lutfhi Diganti Mulan Jameela, Pendukung Ervin Bilang Preseden Buruk Demokrasi

Penggantian Ervin Luthfi oleh Mulan Jameela untuk menjadi anggota DPR RI mendapat penolakan dari sejumlah kader Gerindra

Ervin Lutfhi Diganti Mulan Jameela, Pendukung Ervin Bilang Preseden Buruk Demokrasi
Tribunjabar/Firman Wijaksana
Kader Partai Gerindra Kabupaten Garut menggelar demontrasi di Kantor DPC Partai Gerindra Garut, Jalan Proklamasi terkait diberhentikannya dua kader Gerindra oleh DPP Partai Gerindra, Senin (23/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Penggantian Ervin Luthfi oleh Mulan Jameela untuk menjadi anggota DPR RI mendapat penolakan dari sejumlah kader Gerindra dan masyarakat Garut. Peristiwa itu dinilai merusak tatanan demokrasi.

Juru bicara Ervin Luthfi, Dedi Kurniawan, mengatakan jika putusan DPP Partai Gerindra dibiarkan akan menjadi preseden buruk dalam demokrasi dan politik. Tanpa alasan yang jelas, Ervin dipecat oleh partai.

"Tidak ada alasan apa-apa pemecatannya. Saya tanya ketua dewan kehormatan Gerindra, beliau juga tidak tahu soal pemecatan Ervin," kata Dedi disela aksi unjuk rasa di Kantor DPC Partai Gerindra Garut, Senin (23/9/2019).

Padahal dalam aturan partai, pemberhentian kader harus melewati dewan kehormatan partai. Sementara Ervin dipecat secara sepihak.

Aliansi Mahasiswa Ciayumajakuning Minta Presiden Jokowi Cabut Revisi UU KPK

"Di AD/ART itu mekanismenya harus ke dewan kehormatan dulu. Surat keputusan pemberhentian itu dilakukan sepihak oleh orang-orang kotor di Gerindra," ujarnya.

Dedi menyoroti langkah yang diambil KPU RI dengan mengganti Ervin karena adanya surat dari partai. Ia menilai, keputusan dari KPU RI itu melanggar hukum.

"Enggak bisa KPU diintervensi hanya dengan surat dari partai. Padahal Ervin sudah sah menjadi anggota dewan," katanya.

Persipura Jayapura vs Persib Bandung Main Pukul 15:30 WIB, Live Streaming di UseeTV

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved