93 Bakal Calon Kuwu dari 14 Desa di Cirebon Segera Ikuti Seleksi Akademik

Sebanyak 14 desa di Kabupaten Cirebon memiliki bakal calon kepala desa atau kuwu lebih dari lima orang.

93 Bakal Calon Kuwu dari 14 Desa di Cirebon Segera Ikuti Seleksi Akademik
Tribunnews
Ilustrasi pemilu 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Sebanyak 14 desa di Kabupaten Cirebon memiliki bakal calon kepala desa atau kuwu lebih dari lima orang.

Hasil tersebut berdasarkan ‎penjaringan tahap pertama pendaftaran pemilihan kuwu serentak (pilkuwu) serentak 2019.

‎Berdasarkan aturan Permendagri no 65 Tahun 2017 tentang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, salah satu poinnya tertulis, jika di setiap desa bakal calon kuwu lebih dari lima, maka harus mengikuti seleksi akademis.

‎Ke-14 desa yang bakal calon kuwunya lebih dari lima yakni, Buyut 6 orang, Kanci 7 orang, Kanci Kulon 7 orang, Palimanan Barat 13 orangn, Bojong Lor 6 orang, Waled Asem 6 orang, Pamengkang 6 orang, Mundu Masigit 6 orang, Pilang Sari 9 orang, Danawinangun 9 orang, Jagapura Kulon 9 orang, Beber 8 orang, Kalirahayu 6 orang, dan Jemaras Kidul 6 orang.

Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan,‎ 98 orang bakal calon kuwu tersebut pada Sabtu (28/9/2019), akan mengikuti seleksi akademik.

Beda Pilihan Bisa Jadi Pemicu Konflik Pemilihan Kuwu di Kabupaten Cirebon

"Semuanya menyepakati seleksi tersebut dan tes akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), karena kampus tersebut berpengalaman," kata Nanan di Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin (23/9/2019).

Awalnya seleksi akademik tersebut akan diikuti oleh 104 bakal calon kuwu. Tetapi salah satu dari enam calon kuwu Desa Gomban‎g Kecamatan Plumbon mengundurkan diri, sehingga tersisa lima bakal calon kuwu di desa tersebut.

Nanan mengatakan, teknis dan pelaksanaan untuk seleksi diserahkan langsung ke pihak UMC, karena pihak UMC yang akan mengetahui tingkat kompetensi para bakal calon kuwu.

"Hasilnya akan keluar skor, nanti akan kelihatan siapa yang berhak menjadi calon kuwu," katanya.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved