Universitas Pasundan Gelar Kuliah Umum Arah Reformasi Penegakan Hukum di Indonesia

Paguyuban Pasundan melalui Unpas gelar kuliah umum terbuka untuk Program Pascasarjana Doktor Ilmu Hukum Unpas, bentuk kepedulian perkembangan hukum

Universitas Pasundan Gelar Kuliah Umum Arah Reformasi Penegakan Hukum di Indonesia
Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Paguyuban Pasundan melalui Universitas Pasundan ( Unpas) menggelar kuliah umum terbuka untuk Program Pascasarjana Doktor Ilmu Hukum Unpas yang digelar di Gedung Mandalasaba, Gedung Pascasarjana Unpas, Jalan Sumatera 41, Sabtu (21/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebagai bentuk kepedulian dalam perkembangan hukum aktual di Indonesia, Paguyuban Pasundan melalui Universitas Pasundan ( Unpas) menggelar kuliah umum terbuka untuk Program Pascasarjana Doktor Ilmu Hukum Unpas yang digelar di Gedung Mandalasaba, Gedung Pascasarjana Unpas, Jalan Sumatera 41, Sabtu (21/9/2019).

Kuliah umum terbuka ini mmenghadirkan pembicara utama Prof Dr H Romli Atmasasmita SH LLM yang memaparkan materi terkait Arah Reformasi Penegakan Hukum di Indonesia.

Ribuan Mahasiswa Baru Fisip Unpas Dibekali Pemahaman Bahaya Narkoba, Radikalisme, dan Terorisme

Dalam pemaparannya, Romli Atmasasmita mengatakan bahwa saat ini iklim penegakan hukum tengah dilanda euforia reformasi yang mengunggulkan transparansi dan akuntabilitasi publik kepada masyarakat luas tanpa menghiraukan etika dan sopan santun baik secara personal maupun secara institusional.

"Yang penting reformasi diterjemahkan sebagai "serba terbuka" yang memiliki konotasi berbeda dengan "transparansi" karena yang terakhir harus dilandaskan pada aturan hukum. Contoh, hoax dan ujaran kebencian," ujarnya.

Paguyuban Pasundan Nantikan Kiprah Alumni untuk Besarkan Nama Unpas

Dalam kuliah umum yang dimoderatori Dr Anthon F Susanto SH MH, Romli menyatakan bahwa penegakan hukum korupsi di Indonesia mengalami dilema karena adanya tekanan publik dan media yang dianggap telah mengalahkan ketahanan birokrasi dan penegakan hukum di dalam meyakinkan masyarakat luas tentang keabsahan dan kebenaran langkah hukum yang telah dilakukan dalam berbagai kasus korupsi.

"Melihat kondisi dilematis dalam penegakan hukum kiranya patut kira pertanyakan mengenai arah reformasi birokrasi di dalam tubuh lembaga penegak hukum saat ini," katanya.

Sejumlah Pelaku Digital Marketing Bicara di FGD yang Digelar Ilmu Komunikasi Fisip Unpas

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Program Pascasarjana Unpas, Prof HM Didi Turmudzi MSi mengatakan bahwa kuliah umum yang menghadirkan Prof Dr H Romli Atmasasmita SH LLM diharapkan mampu memberikan kontribusi, baik bagi internal mahasiswa Unpas, maupun dalam perkembangan hukum di Indonesia.

"Beliau sudah banyak memberikan kontribusi dalam perkembangan hukum di Indonesia sehingga semoga yang disampaikan saat ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua," ujarnya. (*)

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved