Selain Pengkhianatan G30S PKI, Ini Film-film yang Mengambil Tema Pemberontakan G30S/PKI

Tak hanya menceritakan 'pengakuan dosa' para pembunuh anggota PKI, mereka pun menceritakan cara yang mereka gunakan untuk membunuh,

Istimewa/intisari
Operasi penumpasan anggota PKI oleh TNI AD 

TRIBUNJABAR.ID - Film 'Pengkhianatan G30S PKI' dianggap beberapa kalangan ada penambahan oleh sutradara, dengan kata lain kurang sesuai dengan kejadian yang sebenarnya.

Beberapa adegan yang digugat di antaranya terkait penyiksaan para jenderal sebelum dibunuh.

Di luar kontroversialnya film tersebut, sebenarnya, film 'Pengkhianatan G30S PKI' bukanlah satu-satunya film yang menceritakan seputar peristiwa yang terjadi pada 1965 tersebut.

Ada beberapa film lain yang menceritakan tentang peristiwa G30S PKI, meski bukan tentang penculikan para jendral yang menjadi korban dalam malam berdarah 30 September 1965.

Tribun Jabar telah merangkum dua film yang mengambil isu PKI di tahun 1965, apa saja?

1. Jagal (The Act of Killing)

Poster Film Jagal
Poster Film Jagal (www.thelondonfilmreview.com)

Film Jagal merupakan film garapan Joshua Oppenheimer yang mengambil sudut pandang pembunuh anti-PKI. Di film ini, para pembunuh anggota PKI menceritakan pembunuhan yang mereka lakukan.

Tak hanya menceritakan 'pengakuan dosa' para pembunuh anggota PKI, mereka pun menceritakan cara yang mereka gunakan untuk membunuh,

Film yang sebagian besar dibuat di Sumatera Utara ini banyak mendapat pujian dari dunia Internasional, termasuk Rotten Tomatoes yang memberikan penilaian 97%.

2. Senyap (The Look of Silence)

Poster film Senyap - The Look of Silence
Poster film Senyap - The Look of Silence (Drafthouse Film)

Bila film Jagal (The Act of Killing) menceritakan sudut pandang para pelaku pembunuhan anggota PKI, maka Senyap mengambil sudut pandang keluarga korban yang dituduh sebagai anggota PKI.

Halaman
12
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved