Breaking News:

Di Kabupaten Bandung Setiap Kecamatan Harus Punya Alun-alun, di Setiap RW akan Dibangun Taman

Untuk meningkatkan angka kebahagiaan warga, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan)

Penulis: Mumu Mujahidin | Editor: Ichsan
tribunjabar/hakim baihaqi
Para PKL di trotoar Alun-alun Cicalengka 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Untuk meningkatkan angka kebahagiaan warga, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bandung melalui Bidang Pertamanan dan Pemakaman akan membangun taman-taman lingkungan RW pada tahun  2020.

"Sejauh ini ada 7 RW yang baru mengajukan melalui musrenbang. Masing-masing dua untuk tipe 1 dan lima untuk tipe 2," ujar Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman Disperkimtan Kabupaten Bandung, Erna Marlena di Soreang, Jumat (20/9/2019).

Menurut Erna, pembangunan taman-taman RW ini akan dilaksanakan di 2020 nanti. Pengajuan taman-taman RW melalui musrembang ini nantinya akan ada dua tipe, tipe 1 dan 2 dilihat dari luas dan fasilitas pendukungnya.

"Tipe 1 itu nilainya Rp 50 juta dan tipe 2 nilainya Rp 80 juta, jadi nantinya dilihat dari luas dan fasilitas pendukung tamannya. Selain tanaman, pemasangan pavingblock dan playground untuk bermain anak-anak," ujarnya.

Manfaat Jahe Ampuh Atasi Berbagai Penyakit, Nyeri Sendi, Maag hingga Kanker, Gini Cara Ngolahnya

Selain taman-taman RW saat ini Disperkimtan juga tengah membangun atau menata sejumlah alun-alun di Kabupaten Bandung. Di antaranya alun-alun Cicalengka, alun-alun Soreang dan taman Danalaga Ciwidey.

"Penataan alun-alun ini mendapat bantuan gubernur (Bangub) Jabar, dengan nilai Rp 5 miliar untuk alun-alun Soreang, Rp 8 miliar untuk alun-alun Cicalengka. Penataan alun-alun Cicalengka sendiri mendapat tambahan anggaran karena ditambah perluasan terminal," tuturnya.

Sejauh ini progres penataan dua alun-alun ini masih di bawah 10 persen karena pembangunan sendiri baru dimulai di Agustus lalu. Meski begitu Erna optimis proyek penataan dua alun-alun ini bisa selesai di akhir tahun nanti.

"Keberadaan taman-taman ini sangat diapresiasi oleh warga. Karena taman dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kebutuhan taman bukan lagi tersier tapi sudah menjadi kebutuhan primer," tuturnya.

Rumah Kosong Dalam Pengawasan Bank, Terbakar di Wilayah Kiaracondong Bandung

Erna menambahkan setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung idealnya memiliki alun-alun kecamatan atau minimal memiliki taman kota sebagai fasilitas publik yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Oleh karena itu bagi kecamatan yang belum memiliki alun-alun atau taman kota karena tidak adanya lahan, Erna menganjurkan untuk mengajukan permohonan pengadaan lahan kepada Pemerintah Daerah.

"Dengan adanya taman RW, taman kota atau alun-alun ini masyarakat tidak lagi harus pergi ke kota untuk mencari tempat bermain cukup di daerahnya sendiri. Keberadaan taman-taman ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat," pungkasnya

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved