VIDEO Datangi DPRD Kota Bandung, Untuk Tolak Wisata Halal dan Bandung Muslim Friendly City

Sembilan orang wanita dan dua orang pria yang mengatasnamakan 'Masyarakat Peduli Kota Bandung', mendatangi Kantor DPRD Kota Bandung pada, Rabu (18/9/2

Laporan Wartawan Tribun Jabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sembilan orang wanita dan dua orang pria yang mengatasnamakan 'Masyarakat Peduli Kota Bandung', mendatangi Kantor DPRD Kota Bandung pada, Rabu (18/9/2019).

Kedatangan massa tersebut membawa suatu tema agar pengkerdilan Kota Bandung tidak dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung.

"Ada wacana untuk penerapan wisata halal dan Bandung Muslim Friendly City. Kami menolak wacana tersebut. Biarkan saja Kota Bandung bisa bersahabat untuk semua kalangan khususnya bagi masyarakat Internasional," kata Harastuti kepada perwakilan anggota DPRD Kota Bandung, Folmer Silalahi, Rabu (18/9/2019).

Main di Film The Santri, Ini Profil Wirda Mansur, Anak Yusuf Mansur yang jadi Dirut di Usia 17 Tahun

Pemberian label wisata halal di Kota Bandung, menurutnya merupakan upaya untuk mengkerdilkan Kota Bandung dari posisi sebagai Ibu Kota Asia Afrika menjadi ibu kota satu golongan saja.

Menurutnya, munculnya wacana tersebut sama halnya membuat pengkotak-kotakan di Bandung, atau sebagai bentuk diskriminasi terselubung.

"Hal ini sangat bertentangan dengan semangat Konperensi Asia Afrika yang merangkul dan mempersatukan bangsa-bangsa yang berbeda di Benua Asia dan Afrika, berbeda bangsa, ras, dan agama," katanya.

Kelompok tersebut memberikan solusi, agar istilah tersebut diganti menjadi nama Bandung Traveler Friendly City. Sehingga wisatawan yang datang ke Bandung lebih menikmati Kota Bandung.

Harastuti mengatakan bahwa sejak dahulu kala, Kota Bandung dikenal sebagai kota toleransi, ramah dan plural.

Istilah halal, dinilainya bisa berpotensi mendiskriminasikan orang yang datang ke Kota Bandung.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD Kota Bandung dari Fraksi PDIP, Folmer Silalahi, mengatakan bahwa Ia menampung aspirasi dari masyarakat tersebut.

"Ini kami tampung, langkah ke depannya, kami akan mengundang pihak Pemerintah Kota Bandung yang dalam hal ini adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung untuk berdialog terkait wacana yang rencananya akan dicanangkan pada 27 September 2019," kata Folmer Silalahi.

Polemik FILM THE SANTRI, Yusuf Mansur Tanggapi Komentar UAS Sebut ada 4 Hal yang Perlu Dicermati

Pernikahan Kakek dan ABG, Beda Usia 41 Tahun, Ini yang Dilakukan Si Wanita ketika Tangannya Dicium

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Sekelompok Orang Ini Datangi DPRD Kota Bandung, Tolak Wisata Halal dan Bandung Muslim Friendly City, https://jabar.tribunnews.com/2019/09/19/sekelompok-orang-ini-datangi-dprd-kota-bandung-tolak-wisata-halal-dan-bandung-muslim-friendly-city.
Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Theofilus Richard
Video Production: Wahyudi Utomo

 

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved