Selama Musim Kemarau, Penggunaan Air PDAM Tirta Galuh Ciamis Meningkat Tajam

Selama musim kemarau, PDAM TIrta Galuh Ciamis telah mendistribusikan 630.000 liter air bersih ke titik-titik yang mengalami krisis air bersih

Selama Musim Kemarau, Penggunaan Air PDAM Tirta Galuh Ciamis Meningkat Tajam
Tribun Jabar/Andri M Dani
Ratusan warga Kampung Cibangkonol, Dusun Desa, Desa Kertaharja Cijeungjing Ciamis yang sudah 4 bulan ini mengalami kesulitan air bersih akibat kemarau Senin (5/8/2019) siang mendapatkan bantuan 2 tangki air bersih dari PDAM Tirta Galuh Ciamis bekerjasama dengan BJB, HMI dan PWI Ciamis. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS– Berbeda dengan kondisi musim kemarau tahun-tahun sebelumnya, saat PDAM Tirta Galuh Ciamis terpaksa harus mem-puso-kan ratusan bahkan sampai ribuan rekening pelanggan akibat anjok debit air baku dari Sungai Cileueur.

Pada musim kemarau tahun 2019 ini malah terjadi sebaliknya. Ada peningkatan penggunan air bersih PDAM menyusul terjamin pasokan air baku di intake Sungai Citanduy.

“Selama 4 bulan musim kemarau tahun ini terjadi peningkatan penggunaan air bersih PDAM yang cukup signifikan,” ujar Kabag Layanan dan Pelanggan PDAM Tirta Galuh Ciamis, Dadan Hilmy Firdaus, kepada Tribun, Kamis (19/9/2019).

Dalam kondisi normal penggunaan air bersih rata-rata 13,8 kubik/pelanggan/bulan. Selama 4 bulan terakhir, di musim kemarau ini kata Dadan naik jadi 14,5 kubik/SL (pelanggan)/bulan.

Bila diuangkan, ada peningkatan tagihan rekening penggunaan air mencapai Rp 200 juta/bulan.

Manfaatkan Musim Kemarau, Pemilik Lahan Padi Tanam Bawang Merah, Untung Ratusan Juta

Waduk Darma di Kuningan Mengalami Penyusutan Volume Air, Musim Kemarau Belum Usai

Selama musim kemarau, kata Dadan, pelanggan tidak punya pilihan lain karena tidak ada alternatif lain semisal sumur gali atau sumur pompa.

“Air bersih PDAM bagi pelanggan menjadi sumber utama air bersih selama musim kemarau,” katanya.

Selain terjadinya peningkatan penggunaan air bersih, selama 4 bulan terakhir ada peningkatan jumlah pelanggan yang cukup signifikan.

Ada 1.200 pelanggan baru dari sekitar 28.000 total pelanggan PDAM Tirta Galuh saat ini.

Selama musim kemarau ini menurut Dadan, PDAM TIrta Galuh Ciamis telah mendistribusikan 630.000 liter air bersih ke titik-titik yang mengalami krisis air bersih akibat kemarau di Ciamis.

Untuk pendistribusian bantuan air bersih tersebut PDAM Tirta Galuh Ciamis bekerjasama dengan BPBD Ciamis, POlres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, serta pihak ketiga lainnya. 

Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved