Bank Indonesia Gandeng Unisba dalam Program Pemberian Beasiswa GenBI bagi 50 Mahasiswa

Bank Indonesia bersama Universitas Islam Bandung (Unisba) menjalin kesepakatan kerja sama peningkatan kualitas sumber daya manusia

Bank Indonesia Gandeng Unisba dalam Program Pemberian Beasiswa GenBI bagi 50 Mahasiswa
Tribun Jabar/Cipta Permana
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Doni P. Joewono bersama Rektor Unisba, Prof Dr H Edi Setiadi SH MH menunjukan pakta perjanjian kerjasama program pemberian beasiswa GenBI di Aula Unisba, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Kamis (19/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana 
 
TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bank Indonesia  bersama Universitas Islam Bandung (Unisba) menjalin kesepakatan kerja sama peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui program pemberian beasiswa kepada para mahasiswa berprestasi yang terpilih dalam Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI)

Kesepakatan tersebut tertuang dalam perjanjian kerja sama yang ditandatangamni Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Doni P. Joewono dengan Rektor Unisba, Prof Dr H Edi Setiadi SH MH di Aula Unisba, Kamis (19/9/2019).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Doni P. Joewono mengatakan, program pemberian beasiswa GenBI merupakan wujud dedikasi Bank Indonesia bagi negeri, melalui pemberian  pengembangan soft skill para mahasiswa yang akan menjadi generasi tumpuan bangsa dan negara Indonesia di masa depan.

"Para mahasiswa yang sudah tergabung dalam program GenBI, selain akan mendapatkan beasiswa, tetapi juga kami berikan pelatihan secara penuh berupa pemagangan dan keterlibatan berbagai kegiatan Bank Indonesia,  yang dapat bermanfaat dalam hal pengembangan kompetensi keahlian serta pengalaman mereka di dalam dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat. Hal inilah yang sebetulnya dibutuhkan oleh para mahasiswa saat ini, guna menatap tantangannya di masa depan," ujarnya usai kegiatan di Kampus Unisba, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Kamis (19/9/2019).

Bicara Revisi UU KPK, Calon Rektor Unpad Keri Lestari Sebut Sikap Akademisi Harus Berdasarkan Kajian

3.067 Mahasiswa Baru Unisba Jalani Prosesi Taaruf, Pengenalan Kampus dan Bentuk Soft Skill Mahasiswa

Doni menjelaskan, dalam poin kerjasama antara Bank Indonesia dengan Unisba, pihaknya mengajak 50 orang mahasiswa dari disiplin ilmu di Fakultas Ekonomi, Hukum, Ilmu Komunikasi, MIPA, dan Teknik untuk mengikuti seleksi sebagai penerima manfaat beasiswa hingga mereka lulus nanti,

Adapun kategori persyataran penerima beasiswa di antaranya, mahasiswa aktif atau tidak dalam status cuti akademik, telah menyelesaikan studi minimal 40 SKS dan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 dari skala 4.00, usia maksimal 23 tahun saat menerima beasiswa, tidak dalam status penerima beasiswa atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga dan instansi lain, berasal dari golongan keluarga kurang mampu (pra sejahtera), membuat motivation letter (dalam Bahasa Indonesia).

"Selain itu, mereka juga harus menyertakan surat rekomendasi dari satu tokoh (akademik atau non-akademik), memiliki minat dan pengalaman menjalankan aktivitas sosial yang mempunyai dampak kebermanfaatan bagi masyarakat, serta bersedia berperan aktif dalam GenBI dan berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan Bank Indonesia," ucapnya.

Ia menambahkan, pemberian beasiswa GenBI telah dilakukan kepada 89 perguruan tinggi negeri di Indonesia dan delapan diantaranya di Provinsi Jawa Barat.

Sedangkan tahun ini, pihaknya melihat ada dua perguruan tinggi swasta di Jawa Barat, khususnya di Kota Bandung yang memiliki potensi untuk pengambangan sumber daya manusia yaitu, Unisba dan Intitut Koperasi Indonesia (Ikopin).

"Kami berharap, dengan adanya pemberian beasiswa ini dapat menjadikan penerima manfaat sebagai sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif juga mampu bersaing di tingkat global dengan beragam pembekalan pendidikan karakter yang akan diberikan dalam kegiatan GenBI," ujar dia.

Vizcarra Angkat Bicara Soal Persib Bandung Ditahan Imbang 1-1 oleh Semen Padang

Ini Alasan Robert Mengganti Ghozali oleh Ezechiel di Awal Babak Kedua Persib Bandung vs Semen Padang

Sederet Blunder Ezechiel saat Persib Bandung vs Semen Padang, Bobotoh Pun Teriak Eze Out

Dalam kesempatan yang sama, Prof Dr H Edi Setiadi SH MH mengaku, menyambut baik langkah dari Bank Indonesia dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia terbaik melalui program pemberian beasiswa GenBI.

Pihaknya berharap, selain program pemberian beasiswa, kedepan terdapat hal lain yang dapat di kerjasamakan antara Bank Indonesia dengan berbagai perguruan tinggi lainnya, khususnya Unisba dalam tri dharma perguruan tinggi yaitu, pendidikan/pengajaran, penelitian, dan juga pengabdian kepada masyarakat.

"Unisba memiliki sepuluh fakultas dan 32 program studi, dengan total keseluruhan  mahasiwa aktif berjumlah 14 ribu, sehingga selain program beasiswa dan joint research nanti, bukan tidak mungkin adanya program pengabdian kepada masyarakat yang bisa di kerjasamakan dengan melibatkan para ahli dari Unisba. Intinya kami berharap adanya kerjasama ini dapat berdampak positif bagi semua pihak," katanya (cipta permana).

Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved