Revisi UU Perkawinan, Batas Minimal Usia Menikah Jadi 19 Tahun, DP3A Indramayu Bilang Begini

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau DP3A Kabupaten Indramayu, Lily Ulyati mengatakan penetapan batas usia menikah

Revisi UU Perkawinan, Batas Minimal Usia Menikah Jadi 19 Tahun, DP3A Indramayu Bilang Begini
Tribun Cirebon/Handhika Rahman
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Indramayu, Lily Ulyati, Rabu (18/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU- Pemerintah Kabupaten Indramayu menyambut baik Revisi UU Perkawinan yang memuat batas usia menikah dari minimal 16 tahun menjadi 19 tahun.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( DP3A ) Kabupaten Indramayu, Lily Ulyati mengatakan penetapan batas usia menikah minimal 19 tahun bagi laki-laki dan perempuan akan sangat berpengaruh terhadap masa depan mereka kelak saat menjalani bahtera rumah tangga.

"Kalau 19 tahun kan mending, berarti si anak sudah selesai SMA," ujar Lily Ulyati saat ditemui Tribuncirebon.com di Alun-alun Indramayu, Rabu (18/9/2019).

Ia menjelaskan, anak menikah di usia 16 sangat rentan mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

Mereka masih terlalu dini untuk bersikap dewasa menghadapi persoalan-persoalan yang dihadapi setelah menikah.

Dalam Revisi UU Perkawinan Batas Minimal Usia Menikah 19 Tahun tapi PKS Tetap Ingin 18 Tahun

Viral Bocah 10 Tahun Dipaksa Menikah dengan Sepupu Berusia 22 Tahun, Undang Berbagai Kecaman

"Jiwa mereka belum stabil, rasa cemburunya itu masih sangat tinggi. Mereka juga masih ingin menikmati masa-masa remaja mereka dengan bermain, berkumpul dengan teman sebaya," ucap dia.

Lain halnya dengan menikah diusia 19 tahun, dijelaskan Lily Ulyati kedewasaan mereka sudah mulai terbentuk, baik itu dari sisi fisik maupun mental.

Adapun dengan adanya pengesahan revisi UU Perkawinan ini, menurut Lily Ulyati sekaligus sebagai upaya preventif dalam penekanan angka pernikahan usia dini di Kabupaten Indramayu.

"Saya pribadi inginnya batas pernikahan itu di atas 20 tahun, tapi pemerintah sudah mengabulkan 19 tahun juga itu sudah bersyukur sekali," ucap dia.

Meski UU Perkawinan sudah disahkan oleh DPR RI, namun perubahan batas usia menikah itu hingga saat ini belum diterima oleh DP3A Kabupaten Indramayu.

"Saya dengar sudah disahkan, namun surat tembusannya itu belum sampai ke kami, tapi saya sangat mendukung sekali dengan adanya revisi ini," ujar dia.

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved