HEADLINE Tribun Jabar - Tarif TMB Hanya Rp 209, Dishub Luncurkan Aplikasi dan Bus Khusus Disabilitas

Kepala Dishub Kota Bandung, Ricky EM Gustiadi, mengatakan, Smart Passenger Dishub Bandung merupakan aplikasi berbasis global positioning system

HEADLINE Tribun Jabar - Tarif TMB Hanya Rp 209, Dishub Luncurkan Aplikasi dan Bus Khusus Disabilitas
TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN
Bus Trans Metro Bandung (TMB) melintas di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (29/8/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dalam rangka memeriahkan Hari Perhubungan Nasional 2019 tingkat Kota Bandung dan Hari Jadi Kota Bandung ke-209, Dinas Perhubungan Kota Bandung meluncurkan dua fasilitas terbaru guna memaksimalkan pelayanan transportasi umum bagi masyarakat Kota Bandung, yaitu aplikasi Smart Passanger Dishub Bandung dan tarif khusus TMB, Selasa (17/9/2019).

Kepala Dishub Kota Bandung, Ricky Gustiardi, mengatakan, Smart Passenger Dishub Bandung merupakan aplikasi berbasis global positioning system (GPS) yang diperuntukan bagi pengguna Trans Metro Bandung (TMB) dan Bandung Tour On Bus (Bandros).

Dengan aplikasi tersebut, penumpang dapat mengetahui di mana lokasi TMB yang akan dinaikinya berada dan berapa lama waktu jarak tempuh TMB menuju shelter.

Semen Padang Dalam Tren Buruk, Persib Bandung Berhasrat Menang Lagi di Kandang

"Adanya aplikasi ini penumpang tidak perlu berlama-lama menunggu di shelter, karena semua terdata di dalam sistem aplikasi di ponsel mereka. Aplikasi ini bisa diunggah di Playstore dan login di Facebook dan akun Google," ujarnya di Terminal Leuwipanjang, Bandung, Selasa (17/9/2019).

Aplikasi ini bisa memantau TMB di empat koridor yakni koridor 1 jurusan Elang-Cibiru, koridor 2 Cicaheum-Cibeureum, koridor 3 Cicaheum-Sarijadi, dan koridor 4 Terminal Antapani-Terminal Leuwipanjang.

"Untuk tahap awal, baru koridor 2 dan 3 yang dapat dipantau kebermanfaatan Smart Passanger ini. Sedangkan untuk koridor 1 dan 4 akan segera menyusul," ucapnya.

Ricky menambahkan, selain peluncuran aplikasi Smart Passanger, pihaknya memberikan tarif khusus nontunai atau elektronik bagi pengguna TMB senilai Rp 209 di semua koridor yang mulai berlaku 17–25 September.

"Dengan diluncurkannya tarif khusus non tunai tersebut, menjadi tanda bakti dan wujud kepedulian kami terhadap warga Kota Bandung dalam rangka HUT kota Bandung. Saat ini pembayaran non tunai senilai tersebut baru bisa dilakukan oleh e-money Brizzi dan BNI," ujar dia.

Selain meluncurkan aplikasi tersebut, Dishub turut meluncurkan bus khusus bagi penyandang disabilitas.

Bus berukuran tiga perempat dan daya kapasitas 19 orang tersebut memiliki sistem teknologi hidrolik lokal pada akses tangga yang memudahkan untuk naik turunnya penumpang di seluruh koridor shelter TMB.

Kepala UPT Pengelolaan Angkutan Dishub Kota Bandung, Yudhiana, menuturkan, dengan hadirnya bus ramah disabilitas menunjukkan komitmen pemerintah dalam mengakomodir kebutuhan layanan transportasi publik penyandang disabilitas.

Bek Persib Bandung Fabiano Beltrame Segera Pulang ke Brasil dan Persiapkan Ini

Dishub Kota Bandung Luncurkan Aplikasi Smart Passenger, Tarif Khusus TMB dan Bus Ramah Disabilitas

Penulis: Cipta Permana
Editor: Theofilus Richard
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved