Masih Banyak Warga Jawa Barat Tidak Tahu Program Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum

Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum sudah setahun menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar.

Masih Banyak Warga Jawa Barat Tidak Tahu Program Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum
(Tribun Jabar/Firman Suryaman)
Ridwan dan Uu mengikuti jalan santai menuju Sekretariat DPC Partai Nasdem Kota Tasikmalaya, Sabtu (22/4). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum sudah setahun menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar.

Walaupun sudah banyak program yang sudah diluncurkan oleh pasangan ini, tapi mayoritas masyarakat belum mengenali program-program tersebut.

Hal tersebut terungkap dalam survei yang dilakukan Instrat pada 20-25 Agustus 2019, terhadap 405 responden yang dipilih secara acak dan menyebar di 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Tidak lebih dari separuh responden mengetahui program-program tersebut.

Program Bus Wisata menjadi program pasangan ini yang paling populer di tengah responden, yakni diketahui 31 persen responden.

Menyusul kemudian program Desa Digital sebanyak 22 persen, M-PUS diketahui 18 persen responden, Kredit Mesra diketahui 17 persen responden, Sekoper Cinta diketahui 12 persen, Kolecer 4 persen, dan Jabar Resilience Province 2 persen responden.

Bocah Perempuan di Bekasi Beli Susu, Pedagangnya Malah Mesum, Ibu Bocah Ngamuk, Pedagang Nyaris Mati

Direktur Eksekutif Instrat, Jalu Priambodo, mengatakan dengan demikian, program-program ini harus terus dijalankan dan dipopulerkan sehingga masyarakat akan lebih banyak mendapat manfaat darinya.

Merujuk pada hasil survei tersebut, katanya, sebanyak 56 persen responden mengaku puas dengan kinerja pasangan Emil-Uu ini. Meski tingkat kepuasan tersebut tidak mencapai 60 persen.

Tiga isu strategis yang menjadi keluhan masyarakat Jawa Barat, kata Jalu, adalah masalah lapangan pekerjaan, kebutuhan pokok, dan kesejahteraan. Sehingga, katanya, ketiga isu inilah yang harus menjadi fokus Emil-Uu di empat tahun kepemimpinannya ke depan.

"Gubernur dan Wakil Gubernur harus memfokuskan program kerja pada ketiga isu tersebut. Yaitu dengan program-program untuk mengatasi tiga permasalahan tersebut," kata Jalu di Bandung, Selasa (17/9).

Pihaknya menyatakan, tiga program yang paling dirasakan masyarakat adalah Desa Digital, Jabar Quick Respons (JQR), dan Kredit Mesra. Ketiga program ini lanjut dia, dinilai bisa meng-cover tiga permasalahan yang paling dikeluhkan oleh masyarakat.

Preman di Bandung Ambruk dan Mati Setelah Melawan 4 Pengeroyok, Dipukul Botol Miras, Ditusuk Golok

"Kan mayoritas di Jabar adalah Desa, dan yang dirasakan manfaatnya karena fokus membenahi desa. Kedua adalah JQR ini terkait dengan kebencaan dan aspirasi publik. Tapi JQR ini perlu dibuat lebih membumi dari sisi bahasa agar mudah dimengerti," katanya.

Ketiga program inilah yang harus difokuskan oleh Ridwan Kamil dan Uu. Kalaupun banyak program yang sudah diluncurkan itu akan menjadi bias jika tidak difokuskan.

"Kan program yang sudah dilaunching itu terlalu banyak. Maka lebih baik difokuskan pada tiga program tadi, karena itu bisa mengcover permasalahan masyarakat Jabar," katanya

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved