Kerugian Kebakaran 9 Kios Oleh-oleh di Citatah Diperkirakan Mencapai Rp 1 Miliar

Kerugian akibat kebakaran 9 kios oleh-oleh di Citatah diperkirakan mencapai Rp 1 miliar. Ada satu pedagang yang rugi Rp 300 juta.

Kerugian Kebakaran 9 Kios Oleh-oleh di Citatah Diperkirakan Mencapai Rp 1 Miliar
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi terkini kios pedagang oleh-oleh di Kampung Tagog Munding, RT 5/8, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIPATAT - Kerugian akibat kebakaran yang menghanguskan 9 kios oleh-oleh di Kampung Tagogmunding, RT 5/8, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ditaksir mencapai Rp 1 miliar lebih.

Hal tersebut beradasarkan pendataan awal dari petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung Barat (KBB). Dari 9 kios yang terbakar itu di dalamnya terdapat berbagai macam oleh-oleh seperti tapai atau tape, manisan, dan kerajinan yang semuanya hangus terbakar ditambah kerusakan bangunan.

Selain itu ada satu rumah beserta barang berharga yang turut terbakar seperti alat-alat elektronik yakni, televisi, kulkas dan sebagainya yang sama sekali tidak bisa diselamatkan oleh pemiliknya saat kebakaran tersebut.

"Objek yang terbakar 9 bangunan kios kelontongan dan kerajinan. Kerugian ditaksir kurang lebih Rp 1 miliar lebih," ujar Kepala UPT Damkar KBB, Nanan Sunandar saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (17/9/2019).

Untuk memadamkan api saat kebakaran pihaknya menurunkan 2 unit pancar, 2 unit water suplay, 1 unit rescue dan 1 unit ambulance dari relawan dengan jumlah personel 16 orang.

Untuk penyebab kebakaran tersebut, diduga dari korsleting listrik dan meledaknya tabung gas, sehingga api cepat membesar karena kios yang terbakar itu merupakan bangunan semi permanen dan banyak barang yang mudah terbakar.

"Kami menerima laporan pukul 19.30 dan respons time 25 menit sampai TKP. Api bisa dipadamkan sekitar pukul 22.30," katanya.

Ade Jalaludin (58), seorang pedagang dan pemilik kios mengatakan, akibat kebakaran tersebut barang dagangannya sama sekali tidak ada yang tersisa, sehingga ia mengalami kerugian sekitar Rp 300 juta.

"Dagangannya sama kursi, lemari dan sebagainya udah sekitar Rp 100 juta. Ditambah bangunan dua tingkatnya sekitar Rp 200 juta," ucap Ade.

Atas hal tersebut, ia yang mengaku sudah berjualan sekitar 10 tahun berharap ada bantuan dari pihak terkait karena ia bingung untuk sementara ini harus berjualan apa.

"Paling untuk sementara tidak jualan dulu karena harus membangun ulang kios dan rumah saya ini," katanya.

VIDEO Pascakebakaran di Citatah KBB, Pedagang Tak Bisa Jualan Padahal Punya Tunggakan di Bank

BREAKING NEWS, Belasan Kios Penjual Peuyeum Bandung di Citatah Terbakar, Saksi Mendengar Ada Ledakan

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved