Kemarau Panjang, PNS Pemkab Garut Melaksanakan Salat Istisqa

PNS Pemkab Garut melakukan salat istisqo untuk meminta hujan di lapangan tenis Setda Garut. Sudah hampir tiga bulan, Garut belum kunjung diguyur hujan

Kemarau Panjang, PNS Pemkab Garut Melaksanakan Salat Istisqa
Tribun Jabar/Firman Wijaksana
PNS Pemkab Garut melaksanakan salat Istisqa di lapangan tenis Setda Garut, Selasa (17/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - PNS Pemkab Garut melakukan salat istisqo untuk meminta hujan di lapangan tenis Setda Garut. Sudah hampir tiga bulan, Garut belum kunjung diguyur hujan.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengaku jika kemarau tahun ini sangat panjang. Sejumlah lahan pertanian dan sumber air bersih untuk warga pun mengalami kekeringan.

"Berbulan-bulan lahan pertanian tidak terairi. Darurat kekeringan ini sudah terasa di setiap kecamatan," ujar Rudy usai salat istisqo, Selasa (17/9/2019).

Kenali Penyakit Nyeri Sendi Osteoartritis, Ini Penyebab, Gejala, Stadium dan Pencegahannya

Polrestabes Bandung Ungkap 21 Kasus Peredaran Narkoba dalam 2 Minggu, Begini Modus Pelaku

Claudia Emmanuela Santoso Sempat Berniat Mundur dari The Voice Jerman, Begini Ceritanya

Pada kemarau tahun lalu, Rudy menyebut sejumlah lahan pertanian masih mendapat pasokan air. Hujan pun kerap turun. Namun tahun ini, sudah hampir 90 hari, Garut belum diguyur hujan.

"Banyak lahan pertanian yang retak-retak. Makanya kami berikhtiar dan meminta kepada Allah agar Garut bisa segera turun hujan," katanya.

Rudy menambahkan, hujan sudah sangat dinanti warga Garut. Pihaknya sudah menetapkan siaga kekeringan untuk wilayah utara dan selatan.

Menghadapi kekeringan yang cukup panjang, Rudy sudah meminta instansi terkait untuk menyiapkan berbagai langkah. Salah satunya dengan menyediakan air minum.

"MCK dan air bersih terus kami sediakan. Terutama untuk daerah yang terdampak kekeringan," ucapnya.

Selain meminta hujan untuk wilayah Garut, pihaknya juga meminta agar hujan bisa segera turun di Sumatera dan Kalimantan. Terutama daerah yang terdampak kabut asap.


Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved