Kesadaran ASN Kabupaten Cirebon Terhadap Pembayaran Zakat ‎Belum Maksimal

Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Cirebon‎, menyebutkan kesadaran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam memb

Kesadaran ASN Kabupaten Cirebon Terhadap Pembayaran Zakat ‎Belum Maksimal
Istimewa
Ilustrasi ASN atau PNS. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Cirebon‎, menyebutkan kesadaran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam membayar zakat setiap bulannya belum maksimal.

Ketua Baznas Kabupaten Cirebon, Budiman Mahfud, mengatakan bahwa jumlah ASN di Kabupaten Cirebon sekitar 1600 orang, nam‎un hanya tiga persennya yang membayar zakat ke Baznas setiap bulan.

"Penghasilan rata-rata PNS di Kabupaten Cirebon lebih dari 4 juta, zakat dari PNS itu sebulannya Rp 1,6 milyar," kata Budiman di Kecamatan Sumber, Minggu (15/9/2019).

Profil Claudia Emmanuela, Pelajar Cirebon Pukau Juri The Voice Germany, Si Suara Emas Membanggakan

Budiman menuturkan, alasan yang sering digunakan ASN karena tidak membayarkan zakatnya ke Baznas Kabupaten Cirebon, yakni, tengah terlilit hutang dan ada keperluan untuk biaya lain.

Ia menambahkan, seharusnya pemerintah membuat peraturan bupati atau peraturan terkait hal tersebut, sehingg dapat pula membantu masyarakat yang membutuhkan.

"70 persen zakat itu untuk membantu fakir miskin,‎" katanya.

Plt Bupati Cirebon, Imr‎on Rosyadi, mengatakan bahwa untuk mendongkrak potensi zakat, ia meminta kepada semua ASN membayar zakat profesi.‎ Sehingga nantinya, dibuatkan laporan ke Baznas.

Tak hanya itu, kata Imron‎, masyarakat pun diminta untuk berpartisipasi agar lebih banyak masyarakat kurang mampu di Kabupaten Cirebon terbantu dengan adanya bantuan dari zakat.

"Kalau memakai keuangan daerah, ada proses panjang yang harus dilewati, sedangkan zakat bisa langsung disalurkan‎," katanya.

Suara Bikin Merinding, Perempuan Cantik asal Cirebon Ini Ikuti The Voice Jerman, Bikin Bangga

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved