Rawan Kebakaran Lahan di Musim Kemarau, Tahun 2019 53 Hektare Lahan di Kabupaten Bandung Terbakar

Musim kemarau berkepanjangan membuat kejadian kebakaran lahan di Kabupaten Bandung meningkat. Agustus menjadi puncak kebakaran lahan terbanyak di Kabu

Rawan Kebakaran Lahan di Musim Kemarau, Tahun 2019 53 Hektare Lahan di Kabupaten Bandung Terbakar
ISTIMEWA
ilustrasi kebakaran lahan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Musim kemarau berkepanjangan membuat kejadian kebakaran lahan di Kabupaten Bandung meningkat. Agustus menjadi puncak kebakaran lahan terbanyak di Kabupaten Bandung pada 2019.

Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran Kabupaten Bandung, Kawaludin, mengatakan bahwa dalam dua bulan terakhir, kejadian kebakaran lahan sering terjadi di Kabupaten Bandung.

"Sejak Juli lalu kebakaran lahan di Kabupaten Bandung mulai mengalami peningkatan. Jumlahnya mencapai lebih dari 30 kejadian kebakaran lahan," kata Kawaludin, Kamis (12/9/2019).

Prestasi BJ Habibie Salah Satunya Maleo, Calon Mobil Nasional Buatan IPTN

Jumlah tersebut kata Kawaludin menjadi jumlah terbanyak sepanjang tahun ini. Bahkan lebih dari setengah kejadian kebakaran lahan terjadi di bulan Agustus.

"Dari Januari sampai Agustus kejadian kebakaran lahan mencapai 53 kejadian. Sebagian besar memang terjadi pada Agustus," katanya.

Sementara untuk data September Damkar belum merekap peristiwa kebakaran lahan. Dirinya mempredisksi Agustus-September menjadi bulan yang rawan terhadap kejadian kebakaran lahan.

"Selasa (10/9/2019) kemarin saja kebakaran lahan mencapai 7 kejadian. Di Baleendah, Pacet, Soreang, dan daerah lainnya," katanya.

Meski tidak mengetahui angka pasti luas lahan yang terbakar, menurutnya, jika dikalkulasikan sejak Juli lalu puluhan hektare lahan di Kabupaten Bandung sudah habis terbakar.

"Salah satunya karena faktor cuaca panas. Sudah menjadi kebiasaan, puncak kemarau seperti sekarang kejadian kebakaran lahan meningkat," katanya.

SDN Cijolang, Begini Keluhan Murid yang Sekolahnya Sudah Dikepung Proyek Tol Cisumdawu

Tayangkan Adegan LGBT, Komik Marvel Dilarang Dijual di Ibu Kota Brasil

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved