VIDEO Masih Ada Kendaraan Over Dimensi, Petugas Meminta Untuk Dipotong

Dinas Perhubungan Kota Cimahi dan Anggota Satlantas Polres Cimahi masih menemukan angkutan barang yang over dimensi saat melakukan ramp check

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Perhubungan Kota Cimahi dan Satlantas Polres Cimahi masih menemukan angkutan barang yang over dimensi saat melakukan ramp check di Rest Area 125 Tol Purbaleunyi, Kota Cimahi, Selasa (10/9/2019).

Hal tersebut diketahui setelah petugas melakukan pengukuran yang disesuaikan dengan keterangan buku kendaraan, sehingga pemilikinya diminta untuk segera memotong kendaraan tersebut sesuai dimensi yang sudah ditetapkan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Yanuar Taufik, mengatakan, kendaraan angkutan barang yang diketahui over dimensi itu diberikan tanda dan nantinya harus dipotong sesuai ukuran normal oleh pemilikinya.

"Jadi kalau ada kendaraan yang over dimensi kami beri tanda supaya dipotong sesuai aturan karena memang membahayakan," ujarnya saat ditemui di sela pelaksanaan ramp check.

Untuk sanksinya, kata Yanuar, langsung diberikan sanksi tilang oleh anggota kepolisian kemudian ukurannya harus disesuaikan agar tidak over dimensi.

Ia mengatakan, pemeriksaan kendaraan angkutan barang dan angkutan umum ini untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh ketidaklaikan kendaraan seperti ban gundul, rem tidak berfungsi, dan sebagainya.

"Karena akhir-akhir ini banyak sekali kecelakaan karena masalah teknis kendaraan yang tak laik jalan, sehingga kendaraan yang tidak laik jalan kami tunda keberangkatannya," ucapnya.

Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Cimahi, Iptu Duddy Iskandar mengatakan, kendaraan yang over dimensi tidak sesuai dengan undang-undang nomor 22 tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Apabila ditemukan yang overload maupun over dimensi, kami akan melarang kendaraan tersebut masuk jalan tol," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga rutin melakukan kegiatan ramp check seperti ini.

Tujuannya untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan tol maupun jalan alteri.

"Ini yang kedua kalinya selama operasi Patuh Lodaya 2019. Kegiatan ini untuk mengurangi terjadinya kecelakaan di ruas jalan tol," kata Duddy.

VIDEO DETIK-DETIK Kecelakaan Tol Cipularang Hari Ini, 5 Kendaraan Rusak dan Truk Kontainer Terbakar

Sopir Ini Jadi Calon Tersangka Tabrakan Beruntun yang Libatkan 5 Kendaraan di Tol Cipularang

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Dishub dan Polisi Masih Temukan Kendaraan Truk Over Dimensi di Tol, Langsung Diberikan Tilang, https://jabar.tribunnews.com/2019/09/10/dishub-dan-polisi-masih-temukan-kendaraan-truk-over-dimensi-di-tol-langsung-diberikan-tilang.
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved