Kurangi Angka Pengangguran, Disnakertrans KBB Targetkan 6.300 Loker Bisa Teriisi pada Job Fair 2019

Disnakertrans Kabupaten Bandung Barat (KBB) menargetkan sebanyak 6.300 lowongan kerja dari 50 perusahaan bisa teriisi dalam pelaksanaan Job Fair 2019

Kurangi Angka Pengangguran, Disnakertrans KBB Targetkan 6.300 Loker Bisa Teriisi pada Job Fair 2019
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
ILUSTRASI ANTRE MELAMAR KERJA - Pencari kerja antre mengisi data pribadi saat memasukkan lamaran pekerjaan di salah satu stan perusahaan dalam Karir Expo Bandung di Gedung Landmark, Jalan Braga, Kota Bandung, Rabu (18/11/2015) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menargetkan sebanyak 6.300 lowongan kerja dari 50 perusahaan bisa teriisi dalam pelaksanaan Job Fair 2019 nanti.

Job fair tersebut akan digelar selama dua hari mulai 10 hingga 11 September 2019 di Gedung HBS, Cimareme dengan menyediakan sebanyak 6.300 lowongan pekerjaan yang ditawarkan berbagai perusahaan.

Kepala Disnakertrans KBB, Iing Solihin, mengatakan, Job fair ini, sudah terbukti efektif dalam mengurangi jumlah pengangguran di KBB karena pengunjung bisa langsung berinteraksi, seperti bertanya mengenai posisi atau jabatan pekerjaan, hingga memasukan aplikasi lamaran kepada perusahaan yang mereka minati.

Kata Jupe Soal Duet dengan Nick dan Persiapannya Bersama Persib Bandung Menghadapi Putaran Kedua

Persib Bandung Tambah Tiga Pemain Muda untuk Berlaga di Putaran Kedua Liga 1 2019, Ini Nama-namanya

Keluarga Fatir Ahmad Baru 2 Bulan di Bekasi, Ngontrak di Rumah Saudaranya Pelaku Bullying

"Dari tahun ke tahun angka pengangguran di KBB terus menurun. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kemenaker dan Bappenas, saat ini pengangguran di KBB berada di angka 7 persen dari total angkatan kerja," ujarnya di Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Senin (9/9/2019).

Menurutnya pada tahun 2016 angka pengangguran masih dikisaran 10,2 persen, kemudian pada tahun 2017 berangsur menjadi 9,33 persen atau sebanyak 69.110 dari total angkatan kerja sebanyak 740.957 dan pada tahun 2018 berada pada angka 8,5 persen atau 63.535 dari total angkatan kerja sebanyak 747.412.

"Makanya secara kontinyu di gelar job fair dan program lainnya seperti pelatihan wirausaha baru, serta Skill Development Center, dalam tiga tahun ke depan angka pengangguran di KBB targetnya bisa menyamai nasional yang hanya 5,2 persen," katanya.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara menargetkan angka pengangguran di KBB bisa terus menurun dengan melakukan berbagai upaya, seperti mendatangkan investor baru, pelatihan entreppreneur, pengembangan wisata yang dapat menyerap tenaga kerja banyak, hingga kegiatan job fair.

"Ketika itu terealisasi maka dua atau tiga tahun ke depan makan pengangguran di KBB bisa menurun secara signifikan," katanya.

Untuk itu, pihaknya juga mendorong kepada dinas-dinas lain untuk pro aktif dan berinovasi dalam penciptaan lapangan pekerjaan baru, mengingat persoalan pengangguran bukan hanya tanggungjawab Disnaker saja.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved