Wariskan Ilmu Reparasi Jam Tangan di Toko Lawas di Kawasan Ciwidey Kabupaten Bandung

Sebuah toko jam tangan, berdiri di Jalan Raya Ciwidey-Patengan Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung.

Wariskan Ilmu Reparasi Jam Tangan di Toko Lawas di Kawasan Ciwidey Kabupaten Bandung
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Sekilas kesibukan di tempat reparasi jam tangan dan jam jenis lain, Toko Pribumi yang sudah berdiri sejak 1940, di Jalan Raya Ciwidey-Patengan Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung, Minggu (8/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar,Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Sebuah toko jam tangan, berdiri di Jalan Raya Ciwidey-Patengan Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Belakangan diketahui, t‎oko itu fokus menyediakan jasa reparasi arloji atau jam tangan. Selain itu, ternyata, sudah berdiri sejak 1940. Toko itu bernama, Pribumi.

"Iya, service atau reparasi arloji, tempat dan ilmu reparasi arlojinya warisan dari kakek saya. Cerita keluarga, ini sudah ada sejak 1940, dibuka oleh kakek saya, dilanjutkan bapak saya dan sekarang oleh saya sendiri," ujar Usep Suryana (49) saat berbincang di toko itu, Minggu (8/9/2019) sore.

Pasti ada alasan kenapa tokonya masih saja buka. Lebih khusus, sekelas jasa reparasi jam tangan, masih bertahan hingga saat ini.

"Alhamdulillah masih banyak yang mempercayakan jasa reparasi arloji, ada yang datang kesini ada juga yang via telpon," ujar Usep, yang tampak santai di toko berukuran 12 meter persegi itu.

Deretan jam lawas tersimpan di beberapa sudut ruangan.

Termasuk jam setinggi kurang lebih 2 meter keluaran 1950-an.

Sebuah benda lawas masih digunakan, bor kecil merek Gold Gear tipe 1278 masih tersimpan.

Arloji lawas, sebagian bangkai, bisa ditemukan di lapaknya.

"Saya punya ilmu reparasi jam dari bapak saya. Bapak saya menguasainya dari kakek saya, ilmu reparasi jam diwariskan turun temurun," ujarnya. Saat ditanya kepada siapa ilmu reparasi jam diturunkan, Usep hanya tersenyum.

Halaman
123
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved